Review Game Vikings: Age of Warlords – Great strategy but not too good in battle

1305

Tak bisa dipungkiri setelah Clash of Clans hadir di pasaran, game strategi dengan unsur resource gathering pun marak di berbagai pasar aplikasi. Kesuksesan CoC telah membuat developer game lainnya mencoba peruntungan dengan mengembangkan game sejenis. Entah sengaja atau tidak mereka menggunakan elemwn-elemen yang terdapat dalam CoC, tak terkecuali studio yang bernama Elex ini. Menggunakan konsep yang serupa dengan CoC, mereka mengembangkan Vikings: Age of Warlods. Namun yang jadi pertanyaannya adalah mampukah game ini bersanding dengan judul-judul game strategi terkenal lainnya?

gb_1

Vikings, The Most Used Nation
Entah sudah berapa banyak game yang menjadikan tema Viking ke dalam permainannya. Kebanyakan dari mereka memang merupakan judul game yang membawa unsur peperangan sebagai tema permainan. Tak heran karena bangsa Viking memang terkenal sebagai bangsa yang tak hanya kuat tetapi juga “menyukai” peperangan. Didukung dengan kebudayaan mereka yang juga unik, Viking menjadi salah satu bangsa favorit dari para developer. Dlam Vikings: Age of Warlods kamu akan diajak untuk membangun peradaban dari kota yang diberikan oleh leluhurmu. Awal permainan kamu bakal menerima informasi dari tangan kananmu tentang berbagai fitur yang ada dalam permainan.

Game ini memiliki dua permainan utamanya yaitu resource gathering dan juga pertarungan antar klan. Sama seperti game sejenisnya, kamu harus mengumpulkan berbagai sumber daya untuk membuat peradabanmu semakin maju. Gamer bisa membangun berbagai bangunan dengan berbagai fungsi, mulai dari sawah yang akan menghasilkan makanan untuk rakyatmu sampai bangunan-bangunan kemiliteran. Untuk mendapatkan sumber daya pemain harus melakukan ekplorasi dalam peta dunia.. Namun tak hanya menemukan sumber daya saja, ekplorasi juga bisa membuat pemain menemukan letak para monster dan melawan mereka.

12

Setelah membangun kota dan mencapai level tertentu barulah kamu bisa melakukan penyerangan terhadap kota milik klan lainnya. Pemain bisa melihat bagaimana para pasukanmu melakukan penyerangan dan jika keliatannya mulai kewalahan kamu juga bisa memberikan bala bantuan pada pasukanmu tersebut. Tapi perlu diingat jika gamer sudah bisa mnyerang klan lain maka kemungkinan kotamu diserang oleh klan lainpun menadi lebih besar. Jadi pemain harus menentukan strategi yang tepat dlam menentukan jumlah pasukan penyerangan dan juga pertahanan. Namun akan lebih baik jika kamu telah memiliki klan sahabat yang bisa membantumu dalam melakukan penyerangan ataupun pertahanan. Kalian juga bahkan bisa memindahkan kota milikmu agar letaknya lebih bekat dengan kota klan sahabatmu.

14

Memenangkan pertarungan sangatlah penting dalam permainan ini, karena kamu dan klan sahabatmu bisa mendapatkan bonus yang berupa tambahan sumber daya. Tambahan ini tentunya sangat berguna untuk mengembangkan kotamu menjadi lebih hebat lagi dan karena itulah komunikasi yang baik dengan klan sahabat sangat mpenting agar dapat memenangkan pertarungan. Strategi yang baik, kekuatan yang di atas rata-rata dan klan sahabat yang tak kalah kuat akan memastikanmu memenangkan setiap pertarungan yang ada dan menjadi klan terkuat dalam permainan.

Jika kamu berpikir game ini memiliki kualitas grafis yang sama dengan CoC, maka kamu bakal sedikit kecewa. Vikings: Age of Warlords memiliki grafis yang bisa dibilang cukup standar. Jangan bayangkan animasi sedetail CoC karena animasi dalam game ini seperti dibuat seadanya. Kamu bisa melihat pasukan yang bergerak namun sekedar bergerak saja, tidak suguhkan secara mendetail. Jadi kamu akn melihat pergerakan pasukan yang kaku dan tidak hidup. Namun untuk dunia ataupun berbagai bangunannya, semuanyadisajikan dengan cukup baik walaupun mungkin tidak terlalu memukau.

4

Verdict
Jadi apakah game ini layak untuk kalian mainkan? Jawaban yang tepat adalah tergantung pada keinginan para gamer. Kalau kamu memang menggilai sisi strategi dalam sebuah game maka Vikings: Age of Warlods merupakan pilihan yang tepat untukmu. Namun jika kalian adalah seorang gamer yang mementingkan unsur yang menditail terutama dalam segi pertarungan layalknya CoC, maka lupakanlah game ini karena kamu bisa menggerutu akibat animasi yang begitu sederhana. Gratis dan tidak memakan banyak tempat di ponselmu, Vikings: Age of Warlords bisa jadi pilihan untuk gamer untuk sebuah game strategi yang menantang.

Overall Score : 7/10

Publisher: Elex
Developer: Elex
Genre: Strategy
Platform: Android, iOS
Price: Free




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.