Review Prune – Artistic Game About Cultivating A Tree

858

Kata orang bijak, jika kamu mencintai seseorang maka “lepaskanlah”, alias jangan terlalu diikat. Namun ternyata tidak semudah itu melepaskan orang kita cintai untuk melakukan atau pergi kemanapun sesuka hatinya. Dalam Prune, kamu juga diajak untuk “terlalu peduli” dengan perkembangan sebatang pohon. Ibarat seorang elf hippie yang mencintai kedamaian dan lingkungan, gamer bakal membimbing pertumbuhan sang pohon dengan cinta sehingga ia tumbuh dan berbunga dengan lebatnya.

6

Grow to the Bright Side
Prune merupakan sebuah permainan minimalis dengan kekuatan grafis yang menawan. Menggunakan warna yang juga minimalis, kamu hanya akan melihat segelintir warna yang menjadi daya tarik dalam game ini yakni hitam, cokelat, putih, merah, dan abu-abu. Walaupun memiliki gaya permainan yang sederhana, Prune memiliki tekstur yang halus dan memberikan kesan mendalam, seperti kompleksitas pencahayaan yang dimilikinya. Dengan animasi mulus dan musik yang menenangkan, game ini menghadirkan keunikannya sendiri yang bisa membawa setiap pemain tenggelam dalam nuansa permainan.

5

Prune menawarkan beberapa chapter permainan yang setiap chapter-nya terbagi atas 12 level. Permainannya mudah, kamu akan menumbuhkan sebuah pohon dan memastikan pergerakan tumbuhnya ke sisi yang terkena cahaya. Namun di dalam pertumbuhannya, batang dan ranting pohon akan menemui berbagai halangan seperi bulatan besar berwarna hitam, platform yang sempit dan sebagainya. Bagian-bagian pohon yang terkena kegelapan ataupun terhimpit oleh platform yang ada bakal mati dan pohonmu bakal berhenti bertumbuh. Hal ini memaksamu untuk mengulang lagi permainan dari awal. Atau jika kamu tidak terlalu puas dengan bagaimana pohonmu tumbuh, kamu juga bisa mengulang permaiannya.

14

Untuk bisa menghindarinya gamer harus melakukan swipe ke ranting-ranting yang dianggap akan menabrak berbagai halangan tersebut. Pastikan ujung tertinggi pohon beserta rantingnya menembus bagian yang terang dalam game sehingga tiap ranting bakal menghasilkan bunga yang bermekaran. Bunga-bunga ini sangat penting untuk kalian agar dapat melangkah ke permainan selanjutnya. Pemain harus memekarkan sebanyak mungkin bunga, karena jika terlalu sedikit kamu bakal harus mengulang permainan. Letak berbagai halangan, cahaya dan kemana arah pohonmu tumbuh akan menentukan kesulitan yang kalian hadapi saat membantu si pohon bertumbuh. Dan walaupun semakin lama puzzle yang ditawarkan semakin sulit, dengan visual minimalis yang indah serta musik yang menangkan, pemain masih bisa dengan tenang menyelesaikan berbagai tantangan yang ada.

15

Not For Everyone
Satu hal yang pasti adalah game ini bukanlah game yang cocok untuk semua gamer. Untuk gamer yang memang menginginkan sebuah game yang sangat artistik dan juga memiliki keseimbangan antara permainan dan gaya penyajiannya, Prune merupakan pilihan yang tepat untukmu. Di sisi lain, gamer yang menginginkan sebuah permainan yang intens dengan berbagai aksi seru ataupun ledakan di sana sini, Prune bakal menjadi sebuah game yang membosankan untukmu. Namun satu hal yang pasti, game ini memberikanmu sebuah permainan puzzle berkualitas yang minimalis namun tetap menantang para pemainnya untuk menyelesaikan berbagai tantangan yang ada.

Publisher: Joel McDonald
Developer: Joel McDonald
Genre: Puzzle
Platform: iOS
Price: Rp45.000




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.