GTA Online Cheaters Ditindak Tegas Oleh Rockstar Games

1177

Rockstar Games beserta perusahaan induknya yakni Take-Two Interactive, telah menyiapkan tindakan tegas bagi lima orang gamer yang diduga menggunakan cheat dalam Grand Theft Auto Online (GTA Online), game yang merupakan bagian dari Grand Theft Auto V. Mereka berhasil mendapatkan izin dari Federal Court of Australia untuk melakukan penggeledahan terhadap dua buah rumah yang berada di Melbourne, Australia, yang diduga dijadikan sebagai tempat pembuatan sekaligus penjualan cheat software bernama Infamous.

Dijual seharga US$40, Infamous – menurut info dari Kotaku Australia – memungkinkan seseorang untuk mengakses cheat menu di mana mereka bisa menghasilkan uang in-game dalam jumlah tak terbatas dalam GTA Online. Tidak terbatas pada uang saja, cheat software tersebut dapat memberikan senjata, item hingga health dengan bebas, menteleport karakter penggunanya ke lokasi manapun di Los Santos, hingga membunuh player dalam server yang sama secara instan. Contohnya bisa gamer simak melalui video berikut ini:

Selain melakukan penggeledahan terhadap dua rumah yang dimaksud, Federal Court of Australia juga membekukan aset milik lima orang yang terlibat dalam pembuatan Infamous yakni Christopher Anderson, Cyrus Lesser, Sfinktah, Koroush Anderson dan Koroush Jeddian, yang (hingga artikel ini ditulis) belum mengajukan pembelaan. Tapi setelah melalui penyidikan lanjutan, hanya Christopher Anderson yang ditetapkan sebagai tersangka sementara empat orang lainnya dibebaskan.

Berdasarkan keputusan pengadilan, para terdakwa dilarang menciptakan atau menggunakan cheat software Infamous, termasuk menarik uang dari aset mereka (salah satunya disimpan di akun PayPal milik Christopher) yang sekarang telah dibekukan. Dan kelihatannya, Rockstar Games dan Take-Two Interactive akan melanjutkan proses hukum terhadap pengembang Infamous dengan mengajukan tuntutan pada terdakwa atas tuduhan pelanggaran hak cipta.

Kasus ini menandakan kalau Rockstar Games dan perusahaan induk mereka yakni Take-Two Interactive, tidak segan-segan untuk melakukan tindakan tegas bagi cheater. Bahkan di negara asalnya sendiri, mereka telah mengajukan beragam tuntutan atas kasus yang sama. Semoga saja dengan adanya insiden ini, gamer akan berpikir dua kali sebelum menggunakan cheat sambil memainkan GTA Online. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.