Sekiro: Shadows Die Twice – Endings

348

Dibandingkan dengan game-game buatan FromSoftware lainnya, Sekiro: Shadows Die Twice memiliki empat ending. Dua di antaranya bisa dikategorikan sebagai “Bad Ending,” satu “Good Ending,” dan satu “Best Ending.” Masing-masing mempunyai persyaratan tertentu yang harus gamer selesaikan. Ingin tahu caranya?

ENDING 1: SHURA

Pada titik tertentu dalam permainan, kalian bisa kembali ke Ashina Castle. Pergilah ke puncak istana untuk menemui Great Shinobi Owl, lalu pilih untuk mengikuti Iron Code dan meninggalkan Kuro. Note: Dengan ending ini, kalian tidak akan memperoleh Kuro’s Charm saat memainkan Sekiro: Shadows Die Twice lewat New Game Plus.

ENDING 2: IMMORTAL SEVERANCE

Pada titik tertentu dalam permainan, kalian bisa kembali ke Ashina Castle. Pergilah ke puncak istana untuk menemui Great Shinobi Owl, lalu pilih untuk mengabdi pada Kuro, dan meninggalkan Iron Code. Setelah itu, lanjutkan permainan seperti biasa untuk mendapatkan ending ini. Note: Jangan mengunjungi kembali Hirata Estate.

ENDING 3: PURIFICATION

Untuk mendapatkan ending ini, gamer perlu melakukan hal yang sama dengan “Immortal Severance,” yakni memilih untuk mengabdi pada Kuro. Tapi setelah menentukan pilihanmu dan mengalahkan Great Shinobi Owl, ada beberapa langkah tertentu yang harus kalian lakukan:

  • Pergilah ke kediaman Isshin, lalu curi dengar (Eavesdrop) percakapannya dengan Emma.
  • Setelah beristirahat, curi dengar percakapan Kuro di kamarnya, di belakang salah satu pojok ruangan.
  • Temui Emma dan berbicaralah mengenai Kuro, lalu setujui pendapatnya.
  • Beristirahat, lalu bicaralah pada Emma sekali lagi.
  • Pergilah menuju Old Grave Idol, pergilah ke kiri untuk menemui Emma dan bicara padanya.
  • Pergilah menuju Dilapilated Temple, lalu bicaralah pada Emma dan Sculptor. Kini, pergilah ke belakang kuil dan curi dengar percakapan antara keduanya.
  • Temui Emma, maka kalian akan mendapatkan Father’s Bell Charm, yang bisa digunakan pada patung Buddha.
  • Pergilah ke ruangan tempat Lady Butterfly berada, lalu kalahkan Great Shinobi Owl sekali lagi.

ENDING 4: RETURN

Seperti halnya “Purification,” ada beberapa langkah yang harus kalian selesaikan lebih dahulu untuk mendapatkan ending ini.

  • Dengan menyelesaikan Senpou Temple sebelum mengalahkan Genichiro, kalian bisa menemui seorang biksu di dekat Main Hall Idol. Bicara padanya untuk mendapatkan Holy Tome: Infested. Jika diselesaikan setelah mengalahkan Genichiro, biksu tadi akan hilang. Namun, gamer bisa menemukan tome tersebut di dasar kolam di dekat Temple Ground (dibutuhkan Mibu Breathing Techniques).
  • Berikan Holy Tome: Infested pada Divine Child of Rejuvenating Water. Ia akan muncul di Inner Sanctum, setelah kalian mengalahkan Folding Screen Monkey.
  • Kini, mintalah Rice dari Divine Child untuk dimakan, atau diberikan pada Praying Lady. Ulangi tindakan ini sampai Divine Child merasa sakit dan meminta Persimmon.
  • Belilah item yang dimaksud dari Memorial Mob Merchant di dekat Shungendo Idol, atau didapat dari mengalahkan monyet-monyet di Senpou Temple. Berikan padanya lalu kembali mintalah Rice, maka Divine Child akan memberikan Rice khusus untuk Kuro.
  • Berikan nasi tersebut pada Kuro, maka ia akan membuatkanmu Rice Ball. Makanlah item tersebut. Note: lakukan langkah ini sebelum mengalahkan Corrupted Monk atau Divine Dragon.
  • Pergilah ke tempat Folding Screen Monkey berada untuk menemui Divine Child, yang menugaskanmu mencari tome kedua, Holy Chapter: Dragon’s Return. Item ini bisa ditemukan di dalam gua, yang terdapat di belakang Main Hall Idol di Senpou Temple.
  • Berikan item yang dimaksud, maka kini Divine Child akan meminta dua “serpentine fruit.”
  • Dari idol pertama di Senpou Castle, pergilah ke kanan dan turun ke bawah untuk menemui Rat. Tusuk dari belakang dan gunakan Puppeteer Ninjutsu, maka ia akan menerbangkan layang-layang. Kini, pergilah ke lokasi Praying Lady berada, panjat pohon di dekatnya, dan gunakan layangan tadi untuk menyeberang. Lanjutkan perjalanan dan kalahkan Great Serpent untuk memperoleh Fresh Serpent Viscera.
  • Pergilah ke Bodishattva Valley Idol, turun dan sebrangi rawa-rawa beracun untuk menemui Memorial Mob Merchant. Masuki gua di belakangnya sampai kalian melihat kepala Snake God, lalu gunakan Puppeteer Ninjutsu pada monyet yang ada. Naiklah ke rumah di atas untuk menemukan Dried Serpent Viscera.
  • Berikan kedua item tadi pada Divine Child, lalu beristirahatlah beberapa kali, maka ia akan memberimu Frozen Tears. Kini, selesaikan permainan seperti biasa, dan berikan item tersebut pada Kuro di akhir permainan.

Link Source




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.