by Philips Vega in
News Reviews

Frozenbyte cukup dikenal lewat seri game Trine, salah satu Puzzle-Platformer terbaik di genrenya dan memang menampilkan gamplay inovatif yang patut diacungi dua jempol. Walaupun judul Trine yang ketiga secara umum dinilai agak menurun kualitasnya, saat ini Frozenbyte tampaknya akan berhasil menyenangkan kembali para fans lewat garapan terbarunya di dunia stealth game, Shadwen.

Screen Shadwen 01

Don’t Kill Them Please
Sekali lagi, Shadwen adalah murni game stealth, yang berarti pemain dianjurkan untuk benar-benar mengandalkan taktik menyelinap diam-diam tanpa ketahuan dan bukannya malah beraksi membunuh lawan sesuka hati. Untuk memastikan bahwa pemainnya lebih terdorong untuk bermain secara stealthy, karaktermu di akan ditemani oleh seorang anak kecil bernama Lily yang didesain agar berfungsi menjadi tonggak moral. Tegakah kalian untuk membunuh para penjaga di depan mata anak kecil yang polos?

Screen Shadwen 06

Up, Down and Rewind
Tapi tenang saja, hal ini tidak membuat Shadwen sebagai game yang mustahil dimainkan. Shadwen menggunakan konsep di mana waktu hanya berjalan saat karakter kalian bergerak, atau praktisnya sesuai keinginan pemain. Tidak hanya itu, kalian juga akan bisa me-rewind atau memutar ulang waktu dan kembali ke saat tertentu, misalnya di saat sebelum kalian melakukan kesalahan. Hal ini memungkinkan kalian untuk mengambil waktu merencanakan strategi dan jalur kalian untuk melewati suatu level, ataupun kembali dan melakukan pendekatan yang berbeda jika strategi sebelumnya ternyata gagal. Dan sepertinya sistem ini memang diperlukan, karena setiap level di Shadwen dipenuhi berbagai rintangan dan dengan sepasukan penjaga yang siaga dengan jalur patroli yang bisa jadi cukup ruwet bila harus dihadapi secara real-time.

Sebagai sebuah game stealth, karaktermu juga akan dilengkapi oleh beberapa perlengkapan untuk membantu kalian “bermanuver”. Salah satunya yang menjadi standard di tipe game sejenis yaitu tentu saja alat grapple bertali untuk memanjat, menarik barang atau berayun dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu, baik menggunakan grapple ataupun dengan tanganmu sendiri, interaksi dengan barang-barang di sekelilingmu membuka peluang untuk berbagai macam aksi mulai dari sekedar tempat bersembunyi, tempat bertengger, sebagai pengalih perhatian, sampai menjadi jebakan untuk melumpuhkan penjaga yang menghalangi.

Screen Shadwen 08

Sampai saat ini, Shadwen terlihat sebagai judul yang cukup berpotensi membentuk game stealth yang asyik untuk dimainkan. Dengan gabungan konsep stealthy adventure platformer dan sistem manipulasi waktu yang unik, Shadwen memberi kesempatan untuk bermain dengan elemen presisi yang mantap dan bahkan memberi efek kontrol taktis yang menjadi daya tarik tersendiri di antara game-game stealth lainnya. Jika nanti sisi cerita dan naratifnya juga dibentuk dengan baik dan solid, maka Shadwen benar-benar game yang patut ditunggu-tunggu bagi kalian penggemar stealth.

Publisher: Frozenbyte
Developer: Frozenbyte
Genre: Action, Adventure
Release: 17 Mei 2016
Platform: PC, PS4

Share Post:

Related Posts

No Comments

Leave a Reply