Shigeru Miyamoto Terima Penghargaan Bergengsi di Jepang

340

Dalam industri gaming, rasanya tidak ada seorang pun yang tidak mengenal Shigeru Miyamoto, salah satu tokoh penting di Nintendo. Lewat ide-ide kreatifnya, ia telah menyumbangkan beragam produk yang melambungkan nama perusahaan asal Jepang tersebut. Contohnya seri Super Mario serta The Legend of Zelda, yang tetap eksis hingga kini dan selalu berhasil meraih sukses. Atas semua prestasinya, pemerintah Jepang menghadiahkan penghargaan bergengsi Person of Cultural Merit.

Person of Cultural Merit (“Bunka Kourousha”) adalah penghargaan yang diberikan pada individu terpilih, yang berkontribusi dalam pengembangan kebudayaan Jepang. Dan melalui beragam game yang disukai gamer di seluruh dunia, Shigeru Miyamoto dipandang berkontribusi besar dalam menyebarkan kebudayaan negara tersebut. Penghargaan bakal diserahkan di Istana Kekaisaran Tokyo pada Hari Kebudayaan, yang diadakan tanggal 3 November.

Hal ini tentu jadi kebanggaan tersendiri bagi pemegang gelar “Creative Fellow” di Nintendo, sekaligus dunia gaming. Pasalnya, Shigeru Miyamoto jadi orang pertama dalam industri gaming yang menerima penghargaan bergengsi itut. Walau senang karena genre video game diakui, ia tetap rendah hati dengan menyebutkan semua itu “tidak bisa dilakukan sendirian.”

Lewat akun Twitter miliknya, mantan pimpinan Team Sonic yakni Yuji Naka juga ikut bergembira atas penghargaan yang diterima Miyamoto.

Perlu dicatat bahwa ini bukan kali perdana Shigeru Miyamoto menerima penghargaan bergengsi. Contohnya di tahun 2006, di mana ia menerima gelar Chevalier (Knight) dari Ordre des Arts et des Lettres. Penghargaan diberikan oleh Menteri Kebudayaan Prancis yang menjabat kala itu, Renaud Donnedieu de Vabres.

Dalam berita lain, mantan pimpinan Nintendo of America yakni Reggie Fils-Aime juga dijadwalkan menerima penghargaan bergengsi Andrew Yoon Legend Award. Penghargaan bakal diberikan di ajang New York Game Awards ke-9, yang digelar pada tanggal 21 Januari 2020. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.