Skyshine’s Bedlam

933

Meski dewasa ini real-time strategy telah mendominasi pasaran PC gaming, tapi nampaknya permainan bergenre turn-based strategy ternyata masih memiliki peminat yang besar. Terbukti dengan masih banyaknya game bernuansa turn-based yang bisa kita temui di pasaran, dan salah satu contohnya ialah Skyshine’s Bedlam (atau biasa disingkat dengan Beldam saja). Sebagai developer, Skyshine mampu menjalankan amanat yang diberikan oleh para penyumbang dana – karena game ini dibiayai lewat Kickstarter – untuk menciptakan permainan yang menantang juga memuaskan!! Bermain sebagai karakter yang dijuluki Mechanic, anggota terakhir dari guild yang dikenal sebagai inventor serta traveler terkemuka, kalian harus berjuang untuk bertahan hidup di dunia Bedlam yang keras.

Screen Skyshine's Bedlam 05 - Copy

Humanity’s Last Hope
Yang menarik, di sini kalian tidak hanya mengurus diri sendiri saja karena ternyata sang Mechanic telah menciptakan kendaraan raksasa bernama Dozer yang dihuni oleh ratusan individu, dan kelangsungan hidup mereka berada di tanganmu!! Hal yang sukar untuk dilakukan, apalagi selama dalam permainan kita harus berhadapan dengan beragam faksi – Marauder, Mutant, Cyborg hingga The A.I. – yang mencoba untuk mengambil alih resources yang kalian miliki, sehingga mengangkat senjata menjadi satu-satunya cara agar kolonimu dapat survive.

Screen Skyshine's Bedlam 02 - Copy

Untuk ukuran game bergenre turn-based, Bedlam menampilkan gameplay yang cukup sulit karena terbatasnya aksi yang dapat kita lakukan dalam setiap turn. Pasalnya, dalam setiap giliran party member-mu hanya bisa melakukan dua hal yakni Move dan Attack, sehingga turn akan berakhir jika kita memilih Move untuk satu unit lalu Attack bagi unit lainnya. Hal ini memaksa player untuk benar-benar memperhitungkan langkah yang diambil, karena kesalahan sedikit saja bisa membuat satu atau beberapa unit milikmu tewas karena berada di posisi yang tidak menguntungkan. Namun di sisi lain, fitur ini memberikan tantangan lebih yang mengasyikkan, utamanya bagi mereka yang suka mikir. Satu-satunya hal yang bisa dianggap sebagai kekurangan adalah tidak adanya perbedaan untuk setiap class dari unit yang kalian miliki, di samping perbedaan dalam hal attack range serta damage.

Screen Skyshine's Bedlam 04 - Copy

Mengurus Dozer – termasuk para penduduk yang ada di dalamnya – jadi tantangan menarik lainnya yang bisa kalian temui dalam game ini. Apalagi kita bisa melakukan beragam jenis upgrade yang akan meningkatkan kekuatan pasukanmu, maupun mempelajari beragam teknologi yang membuat pasukanmu jadi semakin tangguh. Dibalut dalam tampilan bernuansa hand-drawn dengan art style yang unik, semua itu membuat Bedlam tampil berbeda dibandingkan dengan permainan berjenis turn-based strategy lainnya. Cobalah sendiri dan rasakan serunya!!

Screen Skyshine's Bedlam 01

Overall Score: 7/10

Publisher: Skyshine Games
Developer: Skyshine Games
Genre: Strategy
Release: September 2015
Platform: PC




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.