Sony Bantah Melakukan Pemangkasan Produksi PlayStation 5

118

Dalam waktu dekat, Sony Interactive Entertainment akan meluncurkan penerus PS4 ke pasaran yakni PlayStation 5. Lewat beragam teknologi anyar yang dibenamkan ke dalamnya, konsol tersebut digadang-gadang akan membawa pengalaman bermain ke tingkat yang lebih tinggi.

Belakangan, muncul kabar kalau Sony melakukan pemangkasan jumlah PS5 yang mereka produksi akibat terjadinya masalah. Kini, perusahaan tersebut memberikan respon bahwa semua itu ternyata tidak benar.

Lewat pernyataan resmi yang dilayangkan pada GamesIndustry, Sony menyanggah bahwa mereka telah mengurangi produksi PS5. “Meski kami tidak memberikan detail tentang produksi, informasi yang disampaikan oleh Bloomberg tidak benar,” ujar Sony. “Kami tidak pernah merubah jumlah produksi PlayStation 5 sejak memulai produksi massal.”

Sayang, Sony tidak menjelaskan berapa jumlah PS5 yang mereka persiapkan untuk menyambut perilisannya, yang bakal dilakukan sekitar akhir tahun ini.

Sebelumnya, Bloomberg melaporkan bahwa Sony melakukan pemangkasan terhadap jumlah PlayStation 5 yang sedang mereka produksi. Awalnya, mereka berencana memproduksi 15 juta unit PS5 untuk dilepas ke pasaran, tapi sekarang jumlahnya menjadi 11 juta unit saja.

Menurut info, alasan di balik pengurangan ini disebabkan adanya masalah dalam produksi system-on-chip (SoC) untuk next-gen console mereka. Berdasarkan analisis, masalah dalam produksi system-on-chip terjadi karena Sony meningkatkan jumlah produksi PS5.

Di bulan April lalu, mereka menyebutkan akan merilis PlayStation 5 dalam jumlah terbatas, yakni sekitar 5-6 juta unit. Selain specs-nya yang diperkirakan membuat harganya melambung, dampak COVID-19 pada perekonomian dunia juga jadi bahan pertimbangan.

Tapi pada Juli 2020, Sony memutuskan untuk meningkatkan produksi PlayStation 5 hingga 10 juta unit. Alasannya adalah untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan permintaan konsumen akan next-gen console miliknya. Mereka bahkan berencana mengirimkan PS5 lewat udara, bukan melalui laut seperti biasanya, untuk memastikan ketersediaannya di pasaran. Hal inilah yang menimbulkan masalah pada pembuatan system-on-chip selaku “otak” dari konsol itu.

Hingga kini, Sony belum memberikan info lebih detail mengenai next-gen console garapannya. Semua akan terungkap dalam PlayStation 5 Showcase, yang digelar tanggal 16 September lewat kanal resmi PlayStation di YouTube serta Twitch. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.