Sony Menghentikan Produksi Beberapa Model PlayStation 4? (Updated)

121

Update: GameWatch mengabarkan bahwa Sony Interactive Entertainment Japan Asia akan menghentikan semua produksi PlayStation 4 di Jepang. Satu-satunya model yang akan dijual di pasaran adalah Jet Black PS4 Slim 500 GB. Selain model yang dimaksud, mereka tidak akan memproduksi model lain setelah persediaannya habis. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan produksi PS5 demi memenuhi permintaan konsumen yang tinggi.

Sementara untuk negara-negara barat, Sony masih akan memproduksi PS4 versi standar serta Pro hingga tiga tahun ke depan.

Original Story: sekitar akhir tahun 2020, Sony Interactive Entertainment (SIE) meluncurkan entri terbaru dari lini PlayStation yakni PlayStation 5. Dan dalam waktu singkat, console tersebut jadi item paling dicari konsumen dari seluruh belahan dunia. Sayang, popularitas konsol generasi terbaru itu membawa dampak negatif bagi pendahulunya yakni PlayStation 4, yang mulai mengalami pengurangan produksi.

Info tersebut diperoleh berdasarkan cuitan di akun Twitter milik user Cheesemeister3K, yang mem-post pemberitahuan dari sebuah retailer di Jepang. Dalam pengumuman tersebut, pihak retailer menyatakan bahwa mereka tidak lagi menyediakan sejumlah model PlayStation 4. Di antaranya model Glacier White dari PS4 500 GB, PS4 1TB, serta PS4 Pro 1TB. Sedangkan model PS4 Jet Black yang tidak lagi tersedia adalah versi 1TB serta 2TB.

Munculnya kabar tersebut seolah menandakan kalau Sony mulai mengalihkan perhatian konsumen pada gaming console terbarunya. Sejumlah kalangan pun memprediksikan bahwa SIE mulai menghentikan produksi PlayStation 4. Apalagi, mereka sudah menghentikan penjualan PS4 Pro di PlayStation Direct. Namun, perlu diperhatikan bahwa pihak Sony sendiri belum memberikan info resmi mengenai langkah yang dimaksud.

Dengan hadirnya PlayStation 5, adalah hal wajar kalau Sony mengalihkan perhatian mereka pada produk barunya. Apalagi, baik versi standar maupun versi hematnya yakni Digital Edition membukukan angka penjualan yang sama-sama memuaskan. Tapi, seperti pada generasi-generasi sebelumnya, Sony tidak akan menghentikan PS4 begitu saja hanya karena PS5 sudah hadir di pasaran.

Kemungkinan besar, Sony hanya membatasi model PS4 yang mereka luncurkan ke pasaran. Dalam berbagai kesempatan, Sony memastikan kalau mereka akan tetap memberikan support pada PlayStation 4 untuk beberapa tahun ke depan. Contohnya penyertaan versi PS4 untuk Horizon Forbidden West, sequel dari Horizon Zero Dawn yang dijadwalkan hadir sekitar akhir tahun 2021. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.