Sony Pilih Hadiri Ratusan Consumer Events Ketimbang E3 2020

120

Sejak digelar untuk pertama kalinya di tahun 1995, Sony Interactive Entertainment (SIE) tidak pernah absen menghadiri Electronic Entertainment Expo (E3). Namun, di ajang E3 2019, untuk pertama kalinya mereka menyatakan tidak akan menghadiri acara tersebut. Salah satu alasannya adalah menurunnya fungsi E3 sebagai sumber informasi, akibat peredaran berita via internet yang sangat cepat. Absennya Sony menyebabkan terjadinya penurunan jumlah pengunjung secara signifikans. Dan kelihatannya, hal serupa bakal terjadi pula di E3 2020.

Melalui pernyataan yang diberikan pada GameIndustry.biz, Sony memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam Electronic Entertainment Expo tahun ini. Menurut jubir mereka, SIE merasa kalau visi E3 2020 tidak sesuai dengan apa yang ingin mereka fokuskan di tahun 2020. Sebagai gantinya, mereka berencana untuk mengikuti ratusan consumer event yang digelar di berbagai belahan dunia.

Sony telah memanfaatkan E3 sebagai ajang untuk memamerkan konsol garapannya, dari zaman PlayStation orisinal hingga PS3. Namun, tampaknya kini mereka memilih untuk memakai “jalan lain” dalam membeberkan info seputar produk-produk garapannya. Apalagi, sejak tahun 2002 lalu, mereka sering menggelar event sendiri yakni PlayStation Experience, walaupun tidak diadakan di satu lokasi tetap.

ESA (Entertainment Software Association) selaku penyelenggara pun telah memberikan pernyataan mereka mengenai masalah ini, meski isinya terasa ambigu. Sejumlah rumor menyatakan bahwa adanya perseteruan dengan ESA, menjadi alasan kenapa Sony menolak hadir di E3 2020. Sejumlah pihak, seperti EA dan Sony, ingin agar Electronic Entertainment Expo menjadi perayaan untuk kalangan gamer. Namun, sebagian lain ingin agar E3 tetap difokuskan pada industri. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.