SPECIAL FEATURE RETRO GAMING – Suikoden Series 

1037

Kata Pengantar

Berapa banyak playable character yang bisa kalian temukan dalam sebuah RPG? Biasanya tidak lebih dari 15, kecuali Chrono Cross yang memiliki 45 karakter. Namun ada satu seri yang memiliki jumlah karakter paling banyak dan rasanya belum bisa ditandingi oleh judul lain, yakni Suikoden. Mengapa? Karena dalam setiap game-nya biasanya kalian dapat menemukan 108 karakter yang (sebagian besar) bisa dimainkan!!

 

Overview

Diadaptasi dari novel klasik asal Tiongkok yakni Shui Hu Zhuan, cerita dalam setiap game Suikoden selalu berkutat seputar tema yang”berat” macam politik serta korupsi, dipadu dengan elemen fantasi yakni 27 kristal misterius bernama 27 True Runes yang mempunyai kekuatan dahsyat. Di samping itu elemen utama lainnya dalam setiap game Suikoden adalah kemunculan 108 Stars of Destiny, yakni 108 karakter (termasuk sang tokoh utama) yang dapat kalian rekrut untuk dijadikan sebagai party member. Jumlah yang sangat fantastis, bukan?! Meskipun permainan masih bisa diselesaikan tanpa merekrut mereka semua, tapi mendapatkan semua karakter bakal memberikan keuntungan yang besar bagi para pemain lho.

Art Suikoden III 01

Satu fitur menarik lainnya yang dimiliki oleh Suikoden adalah adalah recurring characters, di mana sejumlah karakter bakal muncul dalam beberapa game Suikoden. Contohnya Apple, di mana dalam game Suikoden pertama ia adalah sejarawan pemula yang berguru pada Mathiu Silverberg, hingga menjadi ahli sejarah dalam Suikoden III dan bahkan memiliki murid sendiri yakni Caesar Silverberg. Uniknya, walau sedikit, namun ada pula karakter yang selalu hadir dalam semua game Suikoden lho!!

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh seri Suikoden terdapat pada battle system-nya, karena tidak hanya menampilkan 1 tetapi 3 jenis battle berbeda yang dapat kalian jalani; hal yang jarang ditemukan dalam game-game lain pada masanya!! Hampir sama seperti RPG pada masanya, pemain dapat membentuk satu party – terdiri dari 6 karakter – dan menjalani pertarungan dengan sistem turn-based alias Basic Battle. Di samping itu gamer juga bakal menjalani Duel di mana satu karakter, biasanya tokoh utama, bakal berhadapan dengan satu orang musuh lewat pertarungan yang juga berlangsung secara turn-based. Dan yang terakhir adalah Strategic War Battle, peperangan berskala besar di mana kalian harus mengatur pasukanmu untuk menghadapi pasukan musuh di medan perang.

 

Suikoden

Platform: PlayStation (1995)

suikoden-ps1-cover-front-48739

Scarlet Moon Empire dilanda kesengsaraan akibat para penguasanya yang korup, dan saling bersaing untuk memperebutkan kristal berkekuatan misterius Rune of Life and Death. Hal ini membuat jagoan kita (kalian dapat menamainya sendiri) bergabung bersama dengan pasukan pemberontak – termasuk mencari 108 Stars of Destiny, untuk menggulingkan para penguasa yang lalim demi memerdekaan rakyatnya. Itulah inti cerita dalam Suikoden, yang dirilis untuk pertama kalinya pada tahun 1995. Dengan storyline yang solid, dipadu dengan gameplay nan menantang dan sejumlah kelebihan lainnya, pada masanya Suikoden dianggap sebagai salah satu RPG terbaik untuk platform PlayStation!!

suikodeni005

Menghadirkan gaya permainan RPG klasik, dalam Suikoden gamer dapat menciptakan party berisi 6 karakter dengan 108 karakter yang bisa direkrut meski tidak semuanya dapat digunakan dalam battle. Semua karakter terbagi ke dalam 3 kategori (berdasarkan senjata yang digunakan) yakni short, middle dan long range, sehingga penempatan mereka dalam formasi menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan selama dalam permainan. Uniknya, makin sering dipakai maka senjata milik keenam karakter (dalam satu party) bakal berkurang ketajamannya sehingga harus diasah secara berkala. Hal ini, ditambah dengan jumlah karakter yang banyak, membuat character building jadi hal yang memerlukan waktu lama tapi menjadi tantangan tersendiri bagi para pemainnya.

 

Suikoden II

Platform: PlayStation (1998)

 Suikoden2_NA

3 tahun kemudian Konami merilis game Suikoden kedua yang kembali hadir di platform PlayStation. Di sini kalian bakal bermain sebagai Riou yang harus membebaskan City-State of Jowston dari serangan Highland Kingdom, dipimpin oleh Lucca Blight yang tidak segan-segan membunuh siapapun yang menentangnya. Hal tersebut membawamu terlibat dalam sebuah plot yang dipenuhi dengan intrik dan twist yang menarik untuk disimak, melibatkan sahabat dekatmu yakni Jowy Atreides yang masing-masing memegang separuh dari Rune of the Beginning!! Walau penjualannya tidak sebesar game pertamanya, tapi Suikoden II mendapat sambutan positif karena mampu menyajikan permainan dan storyline yang lebih menarik dan berkualitas.

Game - Suikoden II 04

Di samping mengalami perbaikan dalam segi visual, sejumlah fitur lain juga menjalani perubahan sehingga membuat permainan tampil lebih baik lagi. Salah satunya adalah disertakannya grid battle system yang membuat peperangan berskala besar tampak seperti game strategi biasa macam Romance of the Three Kingdoms atau Super Robot Wars, di mana kita bisa menggerakkan setiap unit dan memilih command dengan leluasa. Selain itu Suikoden II juga memungkinkan pemain untuk meng-equip 3 rune berbeda secara bersamaan, sistem party inventory yang lebih mudahkanmu dalam mengatur pemakaian item bagi satu pasukan, plus kehadiran sejumlah mini-game yang memberikan variasi menarik ke dalam permainan.

 

Gensou Suikogaiden

Platform: PlayStation (1999)

 Suikogaiden_Vol_1_cover

Gamer yang ingin mendapatkan permainan yang sama dengan kedua game Suikoden sebelumnya mungkin akan kecewa dengan Suikogaiden, karena spin-off yang terbagi ke dalam 2 volume ini hadir dalam genre visual novel. Tapi untuk kalangan yang menggemari seri Suikoden, spin-off ini menjadi tambahan menarik karena ceritanya akan menjelaskan berbagai event yang terdapat dalam Suikoden II. Dan semua itu diceritakan melalui sudut pandang Nash Latkje, mantan bangsawan dari Kingdom of Harmonia yang – dalam game aslinya – dapat direkrut sebagai party member. Petualangannya bersama vampire cantik bernama Sierra membuat Nash terlibat dalam beragam konflik dan peristiwa besar yang berlangsung dalam Suikoden II.

Game - Genso Suikogaiden 02

Karena di sini kalian hanya perlu memilih jawaban saja yang akan membawamu pada maka skenario tertentu – tergantung dari opsi yang diambil – Suikogaiden tidak menampilkan peperangan dalam bentuk apapun, maupun sistem permainan yang kompleks. Perlu diperhatikan bahwa sejumlah opsi memberikan tambahan Luck Point (LP), yang nantinya dapat digunakan untuk memilih opsi tertentu. Dan tanpa LP yang memadai maka sejumlah skenario tidak bisa gamer jalani, sehingga hal ini memberikan replay value tersendiri bagi Suikogaiden. Bentuk permainannya yang linear membuat game ini bisa diselesaikan hanya dalam beberapa jam saja, tapi ceritanya yang menarik membuat Suikogaiden menjadi tambahan yang wajib dicoba oleh para fans Suikoden.

 

Suikoden III

Platform: PlayStation 2 (2002)

SIII_Official_Image_B

Suikoden III menandakan perubahan besar dalam franchise Suikoden. Di samping hadir dalam format tampilan yakni 3D graphic, game ini menampilkan 3 karakter utama yang dapat dimainkan berkat kehadiran Trinity Sight System. Ada Hugo yang merupakan anak dari kepala suku Karaya Clan, knight cantik Chris Lightfellow dari Zexen Confederacy, serta Geddoe yang mengabdi di bawah Holy Kingdom of Harmonia. Di akhir setiap chapter kita dapat berpindah mengendalikan karakter lain, sehinga pemain dapat menyaksikan satu event dari 3 sudut pandang yang berbeda. Dipadu dengan konflik di antara ketiga faksi tersebut membuat mana yang “benar” atau “salah” menjadi ambigu, karena ketiga karakter – dan faksi yang didukungnya – melakukan hal yang menurut mereka benar.

Game - Suikoden III 01

Dalam segi gameplay, Suikoden III menampilkan sistem permainan yang lebih kompleks. Meski tetap menampilkan 6 karakter dalam satu party, melalui Buddy Pair System kita dapat mengendalikan dua karakter sekaligus. Setiap partner akan memberikan reaksi berbeda ketika kalian memberikan command bagi satu karakter bergantung pada seberapa dekat hubungan keduanya, dan dengan memasangkan dua karakter yang memiliki hubungan dekat dapat menghasilkan serangan khusus Unite Attack. Fitur unik lainnya adalah: tiap karakter memiliki passive skill tersendiri, seperti menghasilkan damage lebih besar atau mengetahui berapa kali satu karakter bisa menyerang dalam satu turn, sehingga memberikan tambahan strategi dalam menentukan karakter untuk dipasangkan.

Berkat semua keunikan yang dimilikinya, Suikoden III berhasil meraih kesuksesan lebih besar ketimbang kedua pendahulunya. Meski tidak sedikit yang mengkritik kalau game ini tampil sangat berbeda dibanding Suikoden I dan II, namun hampir semua kalangan setuju kalau Suikoden III memiliki keunggulan dalam bidang storyline yang lebih matang, serta sistem permainan yang lebih kompleks tapi menarik untuk dijalani.

 

Suikoden IV

Platform: PlayStation 2 (2004)

150830-Suikoden_IV_(USA)-1

Hengkangnya Yoshitaka Murayama selaku creator seri Suikoden – ia meninggalkan Konami 1 bulan sebelum game Suikoden III dirilis – membawa pengaruh besar bagi entri selanjutnya yakni Suikoden IV. Walau masih memiliki sejumlah fitur yang mendapat pujian, sayangnya game tersebut kurang mampu memenuhi ekspektasi gamer sehingga membuatnya dianggap sebagai yang terlemah di antara kelima game Suikoden yang telah dirilis. Ceritanya menjadi prequel dari Suikoden I dan difokuskan pada Lazlo selaku pewaris Rune of Punishment, rune dengan kekuatan dahsyat namun akan mengonsumsi energi kehidupan pemiliknya, serta beragam persoalan yang ditimbulkan oleh rune tersebut sekaligus orang-orang yang berusaha untuk mendapatkannya.

Game - Suikoden IV 02

Berbeda dengan para pendahulunya, Suikoden IV memiliki gameplay yang lebih simpel tapi membuat jalannya battle menjadi lebih cepat. Salah satunya adalah berkat pemangkasan jumlah party member menjadi 4 orang, sehingga jumlah unit yang dikendalikan lebih sedikit. Dan dalam battle, tergantung dari seberapa dekat hubungan antara setiap karakter, kalian dapat menggunakan Unite Attack yang dilakukan oleh 2, 3 dan bahkan 4 karakter sekaligus. Fitur baru yang disertakan dalam Suikoden IV adalah peperangan berskala besar yang sekarang dilakukan di lautan. Secara garis besarnya, gameplay yang digunakan tetap sama dan tetap menarik untuk dijalani, meskipun tidak semantap game-game sebelumnya – utamanya Suikoden III.

 

Suikoden Tactics

Platform: PlayStation 2 (2005)

 tacticseu

Di tahun 2005, Konami kembali menghadirkan spin-off kedua dalam seri Suikoden yang hadir dengan judul Suikoden Tactics (dikenal sebagai Rhapsodia di Jepang). Hadir sebagai pelengkap bagi game sebelumnya, cerita dalam Tactics mengambil dua timeframe sekaligus yakni sebelum dan sesudah event yang berlangsung dalam Suikoden IV. Kisahnya sendiri difokuskan pada Kyril, seorang pemuda yang berusaha menyelidiki senjata misterius milik Kooluk Empire yakni Rune Cannon. Hal tersebut membawanya bertemu dengan sejumlah karakter dari Suikoden IV yang membantu Kyril dalam menjalankan investigasinya, termasuk sang protagonis utama Lazlo – jika gamer memiliki save data dari game Suikoden IV.

2013-05-25-SuikodenTactics_screen02

Sesuai dengan judulnya, game ini menggunakan sistem permainan seperti yang biasa ditemukan dalam game-game strategy macam Final Fantasy Tactics atau Fire Emblem. Dalam pertarungan, kalian dapat menggerakkan setiap unit di peta dan memilih beragam command seperti Attack, Rune, Item, Talk dan lain sebagainya. Sementara di luar battle, pemain bisa mengunjungi beragam kota untuk mencari info, merekrut karakter baru (biasanya melalui side-quest), membeli item atau equipment dan masih banyak lagi. Oh, tiap karakter memiliki elemen tersendiri yang memberi keuntungan dan kerugian tersendiri dalam battle, utamanya ketika berada di area dengan elemen yang merupakan kekuatan ataupun kelemahannya.

 

Suikoden V

Platform: PlayStation 2 (2005)

 veu

Nasib kerajaan Falena berada di ujung tanduk karena Arshtat Falena, ratu yang menguasai negeri tersebut, mewarisi Sun Rune yang terus menggerogoti kondisi kejiwaannya. Ditambah dengan banyaknya usaha untuk menurunkan Arshtat dari tampuk kekuasaan, hal tersebut membuat pangeran Freyjadour Fale berpetualang mencari orang-orang yang dapat membantu menjaga perdamaian di kerajaannya. Itulah inti cerita dalam Suikoden V, prequel kedua yang mengambil setting 6 tahun sebelum event dalam Suikoden I berlangsung. Sayangnya, meski kisahnya yang dipenuhi dengan intrik politik dipandang sebagai salah satu nilai plus, game ini belum mampu mengungguli penjualan Suikoden IV yang dirilis setahun sebelumnya.

maxresdefault

Suikoden V membawa kembali sejumlah fitur yang sempat menghilang, seperti party member yang terdiri dari 6 karakter. Kali ini, gamer dapat menemukan slot untuk karakter “cadangan” yang dapat digonta-ganti selama dalam battle. Fitur baru yang disertakan ke dalam game ini adalah Battle Formations, di mana kalian dapat memperoleh tambahan stats atau bonus lain tergantung dari formasi karakter yang digunakan. Hal baru lainnya bisa ditemukan dalam Duel, di mana dalam pertarungan mano-a-mano ini semua command (Attack, Guard, Special) dipetakan pada tombol sehingga jalannya Duel terasa lebih cepat. Satu kekurangan utama dalam Suikoden V adalah banyaknya loading time – baik saat memasuki area baru, memasuki battle dan lain-lain – sehingga terasa sangat mengganggu.

 

Characters_-_Suikoden_5

Trivia

  • Meski beberapa karakter sering muncul dalam berbagai game, hanya Jeane dan Viki yang selalu hadir dalam semua game Suikoden termasuk versi spin-off.
  • Lelucon yang paling sering muncul dalam seri Suikoden adalah kegagalan Viki dalam melakukan teleport, biasanya akibat bersin, yang membawa dirinya atau party member lain ke tempat yang tak terduga.
  • Biasanya karakter dari kategori Tenkai Star menjadi tokoh utamanya, tapi Thomas dari Suikoden III jadi satu-satunya karakter Tenkai Star yang tidak berperan sebagai protagonis utama.

 

Info Gamer - Water Margin 01

Info Gamer – Water Margin

Shui Hu Zhuan, atau biasa dikenal sebagai Water Margin, merupakan novel yang diasosiasikan pada penulis kenamaan Shi Nai’an. Mengambil setting di jaman dinasti Song, novel ini bercerita mengenai 108 penjahat yang berkumpul di Mt. Liang (sebagian mengatakan Liangshan Marsh) dan bergabung menjadi sebuah pasukan demi menentang pemerintah. Dan setelah mendapatkan amnesty, mereka mendapat tugas untuk mengalahkan pihak-pihak yang mengancam keamanan negara. Ceritanya yang menarik karena mampu mengontrol mood pembaca, dipadu dengan kelebihan-kelebihan lainnya, membuat Shui Hu Zhuan dinobatkan sebagai sebagai satu dari Four Great Classical Novels dalam sejarah literatur Tiongkok.

 

Info Gamer - Other Suikodens 01

Info Gamer – Other “Suikodens”

Tahukah kalian bahwa selain Suikoden, ternyata masih ada sejumlah game lain yang menggunakan Shui Hu Zhuan sebagai basisnya? Salah satunya adalah Bandit Kings of Ancient China (Suikoden: Tenmei no Chikai dalam versi Jepang-nya), game bergenre strategi garapan Koei yang dirilis pada tahun 1989. Walau memiliki gameplay yang lambat namun sejumlah gaming media memberikan pujian berkat sistem permainannya yang kompleks dan cukup dalam. Di samping itu ada pula Outlaws of the Lost Dynasty alias Suiko Enbu, arcade game garapan Data East keluaran tahun 1995 yang mengusung genre fighting di mana ceritanya, 12 outlaw terkuat dari 108 Stars of Destiny beradu kemampuan untuk menentukan siapa yang terbaik.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.