Stadia, Cloud Gaming Platform Buatan Google

190

Beragam info menarik bisa ditemukan di Game Developers Conference, ajang berkumpulnya para game developer untuk memamerkan karya barunya. Dan untuk tahun ini, dalam acara yang digelar tanggal 18-22 Maret, Google mengumumkan mengenai cloud gaming platform garapannya yakni Stadia. Melalui platform ini, gamer bisa memainkan judul-judul kelas AAA (via streaming) melalui PC, laptop, TV, tablet, dan bahkan smartphone! Dengan begitu, kalian bisa menikmati beragam game kapan saja dan di mana saja, tanpa terikat oleh platform tertentu.

Menurut infonya, cloud gaming platform/streaming service tersebut bakal diluncurkan di Amerika, Kanada, UK, dan sebagian besar Eropa di tahun 2019. Untuk sementara, Doom Eternal menjadi game yang bisa dimainkan memakai Stadia, di-streaming dalam resolusi hingga 4K serta mencapai 60fps. Lewat Stadia, kalian bisa menikmati game berkualitas macam Anthem, Resident Evil 2, hingga Devil May Cry 5, memakai platform manapun! Namun, perlu diperhatikan bahwa semua itu dipengaruhi oleh kualitas internet yang kalian miliki.

Dalam presentasinya, Google menyatakan telah menyiapkan sejumlah data center yang powerful, untuk mengoperasikan Stadia dengan baik. Mereka melakukan kerja sama dengan AMD untuk mendesain GPU khusus, yang dikatakan memiliki daya lebih dari 10 teraflops. Di samping itu, Google juga bermitra dengan Unreal dan Unity untuk memberikan dukungan penuh pada game engine paling umum digunakan.

Google pun telah mendirikan Stadia Games and Entertainment, yang akan mengembangkan beragam game khusus untuk Stadia, sebagai first-party game studio. Nantinya, studio tersebut akan bekerja sama dengan sejumlah developer eksternal, untuk menyediakan semua teknologi Stadia bagi para partner. Untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut, silakan kunjungi situs development-nya melalui tautan berikut ini. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.