Star Ocean: Integrity and Faithlessness – A bland adventure in an empty world

995

Terdapat beragam faktor yang membuat sebuah game bergenre RPG sukses di pasaran, di antaranya adalah gameplay serta storyline yang menarik. Sayang hal tersebut tidak akan gamer temukan dalam Integrity and Faithlessness, entri terbaru dari seri Star Ocean yang ternyata tidak mampu memberikan pengalaman bermain yang solid karena tersandung sejumlah masalah. Memang tidak semua bagian dari permainan tampil tidak maksimal karena dalam segi gameplay-nya, game ini dibekali dengan sejumlah fitur menarik yang pastinya disukai oleh fans RPG. Tapi faktor negatif yang lebih dominan membuat game Star Ocean ke-5 ini tidak mampu meraih sukses di pasaran. What a shame…

Screen Star Ocean Integrity 01

There is No “Integrity”
Agar adil, kita bahas kelebihan dari Star Ocean: Integrity and Faithlessness lebih dahulu. Fitur yang membuat permainan tampil menarik ialah battle system-nya yang cukup mantap di mana kalian bisa menentukan peranan dari tiap party member dalam pertarungan – seperti menjadi healer, penyerang utama, long range attacker dan lain-lain – plus mempersiapkan beragam skill yang bisa digunakan. Dengan banyaknya ability yang bisa dipelajari, kita akan dihadapkan pada fitur customization yang cukup luas dan menarik untuk dijalani. So, walau hanya bisa mengendalikan satu karakter dalam satu waktu, kalian tidak akan menemui kesulitan karena mereka mempunyai role yang jelas sehingga tugasnya tidak akan tertukar dengan party member lain.

Screen Star Ocean Integrity 02

Di luar battle system, fitur-fitur permainan lain yang terdapat dalam Star Ocean ke-5 ini terasa kurang dikembangkan. Sebagai contoh, petualanganmu terasa hambar karena meski terlihat indah tetapi dunia permainannya terasa “sepi” dari kehidupan. Memang kita masih bisa menemui beragam monster yang bisa dilawan, tapi jumlahnya tidak banyak sehingga sebagian besar waktumu akan dihabiskan untuk berlari. Semua itu diperparah dengan tidak tersedianya world map yang berukuran luas sehingga tidak jarang kita dipaksa untuk “muter-muter” demi mencari tempat tertentu, membawamu berhadapan dengan lokasi yang itu-itu lagi. Hal tersebut akan membuat gamer malas dalam menyelesaikan beragam quest.

Screen Star Ocean Integrity 03

Oh, cerita dalam Integrity and Faithlessness juga terasa dangkal dan kurang menarik untuk disimak. Meski menampilkan berbagai drama mengenai persahabatan dan kasih sayang, tapi dengan dialog yang bland dan tidak terstruktur dengan baik membuat emosi yang ingin disampaikan tidak “mengena”. Semua itu tentu sangat disayangkan, mengingat Star Ocean merupakan salah satu seri RPG yang biasanya mempunyai cerita nan solid.

Overall Score: 7/10

Publisher: Square Enix
Developer: tri-Ace
Genre: Action-RPG
Release: 28 Juni 2016
Platform: PlayStation 4

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.