Star Wars Jedi: Fallen Order Terinspirasi Dari Dark Souls dan Metroid Prime

111

Dalam ajang E3 2019, Electronic Arts memamerkan demo dari Star Wars Jedi: Fallen Order ke khalayak ramai. Dengan begitu, pengunjung bisa merasakan seperti apa bentuk permainan yang ditawarkan, oleh proyek garapan developer Respawn Entertainment. Menurut perwakilan dari Respawn, Stig Asmussen, disebutkan bahwa gameplay dalam Fallen Order mengadaptasi sejumlah elemen dari berbagai game. Di antaranya adalah Dark Souls dari FromSoftware, serta Metroid Prime buatan Nintendo.

Melalui seri Dark Souls, pihak developer mengadaptasi combat system yang mengharuskan player, untuk memikirkan strategi masak-masak. Selama dalam permainan, sang protagonis utama Cal Kestis dibekali dua “senjata” utama untuk digunakan ketika menghadapi musuh. Pertama adalah Lightsaber, yang bisa dipakai untuk menebas lawan, atau memantulkan laser yang ditembakkan oleh Blaster. Kedua adalah kekuatan Force, yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk.

Seperti dalam Dark Souls, pemain harus mewaspadai semua ancaman yang berada di sekitarmu, dan memilih strategi yang tepat untuk menghadapinya. Sulit memang membagi perhatian pada pasukan Stormtrooper yang menembakimu dari berbagai sisi, sementara kalian disibukkan oleh satu musuh tangguh. Tapi di sinilah kemampuanmu dalam menghindar, menangkis serangan, serta memilih timing yang tepat untuk menyerang akan diuji.

Melalui demo yang terdapat di E3 2019, permainan dalam Star Wars Jedi: Fallen Order terasa linear. Namun, pihak developer menyatakan bahwa sebenarnya, dunia permainannya terstruktur di seputar beragam hub area, yang terdapat di sejumlah planet. Dari setiap hub, gamer bisa menemukan beragam lokasi untuk dijelajahi, meski tidak semuanya tersedia di awal permainan. Hanya setelah memiliki kekuatan Force atau equipment tertentu, barulah Cal bisa menjelajahi area yang sebelumnya tidak bisa diakses.

Respawn Entertainment mengaku bahwa hal tersebut terinspirasi dari seri Metroid Prime. Meski begitu, Asmussen menyatakan bahwa melalui pendekatan yang digunakan oleh Fallen Order, fitur tadi akan terasa lebih fresh.

Cerita dalam Star Wars Jedi: Fallen Order mengambil setting setelah event dalam Star Wars: Revenge of the Sith (2005) terjadi. Kisahnya difokuskan pada Cal Kestis, seorang Jedi Padawan yang bertahan hidup dari Order 66, peristiwa pemusnahan Jedi oleh pihak Empire. Karena identitasnya sebagai Jedi terbongkar, ia harus menghindari kejaran Second Sister yang ditugaskan untuk menghabisinya.

Star Wars Jedi: Fallen Order dijadwalkan untuk rilis pada tanggal 15 November mendatang. Nantinya, game tersebut bakal tersedia di platform PC, PlayStation 4, serta Xbox One. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.