Starbreeze, Publisher Overkill’s The Walking Dead, Digerebek

627

Starbreeze Studios merupakan video game publisher yang mermarkas di Stockholm, Swedia, dikenal sebagai penerbit sejumlah judul seperti Dead By Daylight serta Overkill’s The Walking Dead. Dan baru-baru ini, mereka memberikan konfirmasi bahwa kantor mereka didatangi oleh pihak berwajib atas dugaan terjadinya insider trading, perdagangan saham perusahaan atau surat berharga lain oleh individu yang memiliki akses ke informasi non-publik tentang perusahaan.

Kabar mengenai penggerebekan ini muncul untuk pertama kalinya di sejumlah media di Swedia, di antaranya adalah Expressen.se, yang menyatakan bahwa pihak Swedish Economic Crime Authority (SECA) telah menyita sejumlah komputer dan dokumen sebagai bagian dari penyelidikan atas “dugaan insider trading yang dilakukan oleh orang dalam Starbreeze.” Dan seorang staf eksekutif perusahaan ditahan oleh SECA atas tudukan menjual sebagian besar saham mereka beberapa minggu lalu, di mana sejak Starbreeze mengeluarkan pengumuman mengenai masalah keuangan, harga saham mereka mengalami penurunan sebesar 80%.

Sebelum peristiwa tersebut terjadi, beberapa hari sebelumnya Starbreeze mengajukan rekonstruksi untuk menghindari kebangkrutan. Hal ini disebabkan buruknya penjualan Overkill’s The Walking Dead, game yang dikembangkan oleh anak perusahaan mereka yakni Overkill, di mana hanya versi PC yang masih tersedia di pasaran. Akibat masalah ini, diberitakan bahwa Bo Anderson selaku CEO mengundurkan diri dari jabatannya, tetapi Andersson mengatakan pada Expressen bahwa dirinya telah dipecat.

Perlu diperhatikan bahwa rekonstruksi perusahaan dilakukan oleh Starbreeze Studios difokuskan untuk mengembalikan bisnis seperti sedia kala, dan mencoba mengembalikan perusahaan ke jalurnya. Namun, untuk ke depannya, belum diketahui apa pengaruh dari penggerebekan yang dilakukan oleh pihak berwajib terhadap markas mereka. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.