Stardew Valley – More than just a “Harvest Moon clone”

959

Sejak pertama kali dirilis, Harvest Moon telah membuat banyak gamer jatuh hati dengan game bertema farm simulation tersebut karena selain memiliki visual yang imut, sistem permainannya (meski hanya berkutat seputar mengurus pertanian/peternakan) juga sangat menarik untuk dijalani. Tapi sekarang ini nampaknya para pecinta game mirip Harvest Moon harus mulai move on dengan mencoba judul baru yakni Stardew Vallley. Meskipun tetap menampilkan permainan yang sama namun game ini bisa memberikan pengalaman bermain yang lebih menarik lho!!

Screen Stardew Valley 02

“Mature” Harvest Moon
Sama seperti Harvest Moon, kamu bakal disibukkan dengan semua hal yang berkaitan dengan mengurus lahan milikmu, mulai dari membeli bibit tanaman, membersihkan ladang, sampai menciptakan berbagai macam peralatan untuk mendukung produktivitasmu. Contohnya sprinkler yang bisa menyirami ladangmu secara otomatis, scarecrow untuk mengusir para gagak yang memakan tanamanmu, dan masih banyak hal lainnya.

Gamer juga bisa menciptakan barbagai barang dekorasi untuk memperindah tampilan ladang milikmu, seperti pagar ataupun berbagai macam funitur untuk cottage tempatmu tinggal. Tapi jika terlalu malas untuk mengumpulkan bahan dan melakukan upgrade untuk membuat alat-alat yang dibutuhkan, jangan khawatir karena kamu juga bisa membelinya di toko-toko – selama ada uang tentunya.

Screen Stardew Valley 11

Untuk bersosialisasi, game ini menampilkan mekanisme sosialisasi yang serupa dengan Harvest Moon namun lebih rumit. Pasalnya, tidak mudah bagi karaktermu untuk berteman apalagi dengan statusmu sebagai “orang asing”, karena para penduduk desa tidak akan bersikap terbuka. Bahkan penduduk yang terkenal ramah sekalipun harus terus dirayu sampai mereka bersedia menjadi temanmu. Proses “rayuan” ini berkaitan dengan percakapan sehari-hari sampai memberikan hadiah sebanyak mungkin. Hal yang sama juga berlaku ketika gamer berusaha untuk menjalin hubungan dengan seseorang melalui quest, yang kadang tidak berjalan sesuai dengan rencana. Misalnya saat diminta mencari celana milik sang Mayor, kamu bisa saja malah terjebak dalam skandal yang cukup serius. Inilah yang membedakan Stardew Valley dengan Harvest Moon, di mana sistem pertemanan dibuat lebih dewasa dengan berbagai konflik yang cukup realistis.

Walau tidak bisa dipungkiri kalau Stardew Valley mengambil banyak inspirasi dari Harvest Moon, bahkan ceritanya saja sangat mirip di mana karaktermu harus mengurus peternakan yang ia warisi dari kakeknya, namun terdapat banyak hal yang membuatnya tampil unik dan berbeda lho. Hadir dengan tema permainan yang lebih dewasa, game ini akan mengajak pemainnya untuk merasakan simulasi kehidupan yang lebih realistis, terutama dalam hal membangun tali pertemanan dengan para penduduk.

Screen Stardew Valley 01

Meski tampil tanpa teknologi 3D yang realitstis, Stardew Valley mampu memberikan sebuah dunia yang disajikan dengan detail. Lewat visual bergaya 2D yang sederhana kamu sekalipun, masih bisa merasakan suasana pedesaan yang kental dan asri melalui bangunan-bangunan khasnya, sampai ramahnya penduduk desa (setelah kita rayu) yang menyapamu.

Overall Score: 8/10

Publisher: Chucklefish
Developer: ConcernedApe
Genre: Simulation
Release: Februari 2016
Platform: PC




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.