Surround 360, Kamera Baru dari Facebook

325

Pada ajang konferensi pengembang F8 yang digelar beberapa waktu lalu, Facebook mengumumkan desain sebuah sistem perekaman video 360 derajat open source untuk memproduksi video 3D berkualitas tinggi bernama Surround 360. Facebook berencana untuk menyediakan spesifikasi desain dan teknologi penggabungan gambar tersebut tersedia GitHub musim panas ini, sehingga memudahkan para creator konten VR untuk mengakses peralatan yang dibutuhkan untuk menciptakan konten berkualitas tinggi.

Facebook Surround 360 berisikan jajaran 17 kamera dan perangkat lunak berbasis web yang memungkinnya dapat merekam gambar secara 360 derajat kemudian digabungkan menjadi sebuah landscape 3D. 17 kamera terdiri dari 14 kamera bersudut lebar yang terpasang pada cincin horizontal dibodinya, sedangkan 3 kamera lainnya merupakan kamera fisheye 1 terpasang pada bagian atas dan sisanya terpasang pada bagian bawah.

Semua kamera fisheye tersebut memungkinkan Surround 360 menghasilkan gambar bundar dan dua kamera pada bagian bawah sengaja dipasang untuk menghilangkan tiang penyangga kamera agar tidak tampak pada gambar 3D yang dihasilkan. Seluruh kamera pada perangkat ini menggunakan shutter global, bukan menggunakan shutter gulung untuk memastikan gangguan yang diakibatkan oleh menutupnya setiap shutter tidak muncul pada gambar.

Surround 360

Facebook menyampaikan Surround 360 dapat berjam-jam dipakai terus menerus tanpa terkendala panas berlebihan dan mampu menghasilkan perekaman video hingga 8K. Video yang sudah direkam tersebut dapat kita lihat menggunakan headset VR seperti Oculus Rift dan Samsung Gear VR ataupun pada layar biasa seperti smartphone, tablet, dan PC.

Surround 360 bukan merupakan kamera pertama yang dirancang untuk merekam video 3D stereoskopik. Sebelumnya telah hadir GoPro Odyssey seharga $15.000, Nokia Ozo senilai $60.000, dan bahkan Ricoh Theta S dengan banderol harga $350.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.