Tencent Games Tambahkan “Digital Lock” di Sejumlah Game

261

Sudah lama pemerintah Tiongkok berusaha memerangi kecanduan bermain game, yang dialami oleh kaum muda dan anak-anak. Dan sebagai salah satu publisher terbesar di negara tersebut, Tencent Games ikut mendukung usaha pemerintah dengan menerapkan beragam peraturan. Melalui WeChat, mereka mengumumkan akan menerapkan digital lock untuk PUBG Mobile serta Honor of Kings (alias Arena of Valor). Tujuannya adalah membatasi waktu bermain untuk gamer yang berusi di bawah 13 tahun.

Menurut Xinhuanet, fitur digital lock membuat kedua game tidak bisa diakses oleh gamer di bawah batasan usia yang ditentukan. Dan untuk membukanya, dibutuhkan bantuan orangtua atau wali melalui serangkaian proses. Seperti memasukkan data mengenai hubungan dengan sang anak, nomor telepon, foto kartu identitas, foto dengan anaknya, hingga membuat video pendek. Meski terkesan ribet, semua itu dilakukan untuk meningkatkan peran aktif orangtua, dalam membatasi waktu bermain game anak-anak mereka.

Tencent Games menyebutkan bahwa untuk sementara ini, mereka telah menjalankan digital lock di 13 kota, termasuk Beijing dan Chengdu. Jika hasilnya positif, kemungkinan besar mereka bakal menerapkan fitur untuk PUBG Mobile dan Honor of Kings ke seluruh wilayah Tiongkok. Sebelumnya, mereka telah menerapkan aturan yang membatasi waktu bermain gamer di bawah 12 tahun, yakni satu jam per harinya. Tidak hanya itu, terdapat pula larangan bermain antara pukul 9 malam hingga 8 pagi.

Kecanduan bermain game pada anak-anak, yang dikhawatirkan berpotensi menimbulkan myopia, mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah Tiongkok. Menurut infonya, hal inilah yang menyebabkan terhentinya pemberian izin peredaran untuk game baru, termasuk yang bernaung di bawah bendera Tencent Games.

Selain menerapkan peraturan seputar gaming, Tencent pun berperan aktif dalam membatasi konten streaming di Tiongkok. Di samping konten berbau kekerasan maupun seksual, terdapat banyak konten lain yang dilarang, termasuk mem-posting cheat, hacking, dan lain sebagainya. [Aseek]




One thought on “Tencent Games Tambahkan “Digital Lock” di Sejumlah Game

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.