The Legend of Zelda: Twilight Pricess HD

1264
Experience an epic adventure in Twilight Realm, once again

Melalui kemunculan versi khusus dengan embel-embel “HD” atau “Remastered”, gamer masa kini bisa menikmati berbagai game lawas yang memiliki prestasi tinggi seperti yang digadang-gadangkan oleh beragam media. Dan salah satunya adalah kemunculan sejumlah judul The Legend of Zelda versi baru yang rajin diluncurkan oleh Nintendo untuk kedua konsol miliknya yakni 3DS serta Wii U – contohnya The Legend of Zelda: Twilight Princess HD yang telah diluncurkan bulan Maret lalu. Lewat versi ini, kalian dapat mengetahui keistimewaan dari salah satu game The Legend of Zelda terbaik di dunia!!

Screen Zelda Twilight Princess HD 14

Into the Twilight Realm
Bermain sebagai Link (seperti biasa), gamer bakal menjalani petualangan untuk yang ke sekian kali demi menyelamatkan daratan Hyrule, yang kini terancam “ditelan” oleh sebuah dimensi parallel yang disebut dengan Twilight Realm. Hal tersebut mengharuskan jagoan kita untuk harus bolak-balik antara dunia normal dan juga Twilight Realm demi menyelesaikan beragam misi, dan memanfaatkan kedua form berbeda dalam setiap realm yang dibekali dengan kemampuan uniknya tersendiri – bentuk normal di mana ia dapat memakai senjata untuk menyerang lawan, serta bentuk wolf yang bisa meningkatkan kecepatan gerakannya (tapi tidak bisa memakai senjata), melacak jejak, hingga menggali lubang untuk membuka jalan maupun mendapatkan item tersembunyi.

Tidak beraksi sendirian, selama dalam permainan Link akan ditemani oleh penghuni Twilight Realm yakni Midna. Meski bertubuh kecil namun ia bisa memakai medan energi untuk menyerang musuh, menolong jagoan kita melompati rintangan yang luas, dan memberikan beragam petunjuk berguna selama dalam perjalanan. Dipadu dengan interaksi menarik yang terjadi antara keduanya, gamer akan disuguhi sebuah permainan yang tidak hanya seru dan menantang, namun juga dibalut dalam jalinan cerita yang menarik untuk disimak.

Screen Zelda Twilight Princess HD 15

Dan sesuai dengan kata “HD” yang terdapat pada judulnya, game ini menghadirkan kualitas visual yang jauh lebih mantap ketimbang versi aslinya di mana semuanya terlihat lebih jelas dan mendetil. Baik ketika kalian menjelajahi daratan Hyrule yang dipenuhi dengan warna-warna cerah, atau saat memasuki Twilight Realm yang bernuansa suram sekalipun, tampilan dari Twilight Princess HD tidak mengalami penurunan sehingga membuat mata kita dimanjakan dengan kehadiran pemandangan yang indah. Apalagi pihak developer juga sudah melakukan sedikit perubahan pada bidang HUD, yang sekarang tampil minimalis dibanding versi orisinalnya, sehingga ikon-ikon seperti health atau Heart Piece tidak akan mengganggu pandangan kita. Good job, guys!!

Screen Zelda Twilight Princess HD 07

Well, That’s a New One
Selain menampilkan peningkatan dalam bidang kualitas grafik, pihak developer juga melakukan sedikit penyesuaian dalam bidang gameplay-nya, utamanya menyisipkan penggunaan GamePad untuk berbagai keperluan. Controller khusus milik konsol Wii U itu digunakan untuk menampilkan peta sehingga tidak akan mengganggu tampilan utama, ataupun meng-equip beragam item secara on the fly alias tanpa harus mem-pause permainan terlebih dahulu. Hal tersebut tentunya membuat flow permainan menjadi tidak terganggu. Oh iya, GamePad juga dapat digunakan untuk membidik sasaran ketika Link menggunakan senjata tertentu macam Gale Boomerang atau Bow sehingga bisa memberikan kontrol yang lebih akurat.

Yang menarik, di awal permainan kita sudah bisa memilih antara Normal Mode atau Hero Mode, fitur yang tidak akan kalian temukan dalam versi orisinalnya. Sekedar info, Hero Mode membuat permainan jadi lebih sulit karena dalam mode ini damage yang diterima oleh Link bertambah dua kali lipat, dan lawan tidak akan menjatuhkan Heart untuk memulihkan health jagoanmu. Bagi mereka yang pernah memainkan versi orisinalnya tentu beranggapan bahwa kehadiran mode ini menjadi tantangan yang seru, namun bagi kalian yang baru mencoba Twilight Princess HD…well, sebaiknya mencoba versi normalnya dulu deh.

Bagi yang pernah mencoba versi orisinalnya, ada banyak perubahan kecil tapi sangat berguna yang telah disematkan ke dalam Twilight Princess HD. Contohnya adalah ayunan pedang tidak akan tertahan oleh tembok (alias menembus), di mana hal ini akan memudahkan pemain saat bertarung di tempat yang sempit. Di samping itu, gerakan Link ketika memanjat atau berenang juga menjadi lebih cepat – berbeda dengan versi orisinalnya di mana kadang speed yang lambat membuat gamer merasa gemas karena perjalananmu terhalang oleh musuh atau rintangan lain, sementara kita ingin cepat tiba di tujuan melalui kedua aktivitas tersebut. Masih banyak perubahan-perubahan lain, dan semuanya bisa kalian rasakan ketika memainkan game ini.

Screen Zelda Twilight Princess HD 10

Scan Your Amiibos!!
Fitur menarik lainnya yang ditampilkan dalam Twilight Princess HD adalah munculnya support untuk Amiibo untuk membuka berbagai konten tambahan. Jika gamer memiliki Amiibo Link atau Toon Link, dengan memindainya maka kita bisa menambah jumlah Arrow yang dimiliki jagoanmu, sementara memindai figurine Princess Zelda atau Sheik bakal mengisi semua Heart. Tapi jangan men-scan Ganondorf yang meningkatkan damage yang diterima Link – jika dilakukan di Hero Mode, hal itu membuat Link menerima damage 4x lebih besar!!

Namun yang paling menarik adalah memindai figurine Wolf Link yang disertakan dalam bundle khusus Twilight Princess HD, di mana kita bisa membuka dungeon khusus Cave of Shadows yang tidak hanya dihuni musuh-musuh berbahaya, tapi juga memberikan beragam reward menarik!!

Overall Score: 8/10

Publisher: Nintendo
Developer: Tantalus, Nintendo EPD
Genre: Action-Adventure
Release: Maret 2016
Platform: Wii U




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.