The Park – A creepy game with heartbreaking story

1621

Sekilas, kelihatannya tidak ada sesuatu yang istimewa dari game horor The Park buatan Funcom ini. Bahkan ceritanya juga terkesan standar: kalian akan bermain sebagai Lorraine yang memasuki sebuah taman hiburan terbengkalai demi mencari anaknya yang hilang, Callum. Tetapi jangan salah karena perasaan itu hanya akan kita alami di awal-awal permainan saja; semakin jauh kalian menjelajah maka nantinya permainan akan bertambah spooky dan menegangkan!!

Screen The Park 02

Eksplorasi menjadi tema utama yang diusung oleh The Park, di mana tugasmu hanyalah menjelajahi tiap sudut taman hiburan dan berinteraksi dengan beragam objek, baik berupa flier, surat kabar atau dokumen yang tercecer demi mendapatkan petunjuk. Tapi semakin banyak informasi yang kita dapatkan, semakin terungkap pula misteri gelap yang menyelimuti taman hiburan tersebut hingga membuat pandangan kita terhadap “tempat yang dipenuhi dengan kebahagiaan” itu berubah 180 derajat. Boneka-boneka yang awalnya terlihat lucu bakal terasa menyeramkan, di mana pandangan mereka kini tampak seperti makhluk haus darah yang tengah mengincar mangsanya!! Hal seperti itulah yang mampu menyajikan nuansa horor nan kental dalam The Park, tanpa perlu menghadirkan fitur-fitur seperti jump scare maupun konfrontasi dengan makhluk-makhluk mengerikan – kecuali sang penjahat utama yakni The Boogeyman. Itulah salah satu keunikan yang dimiliki oleh game satu ini, di mana sebagian besar hal mengerikan justru berasal dari pikiran kita sendiri.

Screen The Park 03

Di samping menjelajahi area permainan, Lorraine hanya dapat berteriak memanggil nama Callum, di mana hal tersebut akan menghasilkan efek yang berbeda seperti memunculkan petunjuk berupa visual, hingga pesan balasan (meski kurang jelas) dari Callum sendiri. Walau petunjuk-petunjuk ini kadang menyesatkan – utamanya karena sistem permainan yang kurang baik – tapi semua itu ikut membangun atmosfir horor yang terdapat dalam The Park. Oh, karena setting lokasinya di taman hiburan maka gamer juga dapat menaiki beragam wahana yang tersedia, meski terkadang bahaya bisa mengancam keselamatanmu sehingga kalian harus tetap berhati-hati.

Screen The Park 13

Satu hal yang bakal kalian temukan di sepanjang permainan adalah: Lorraine bakal sering berbicara sendiri. Yang menarik, bukannya merasa terganggu oleh semua ocehannya, tapi kita justru diajak untuk menyelami kekhawatiran yang dialaminya selama dalam permainan. Mulai dari kegelisahan yang masih terasa “mild” di awal permainan, hingga rasa frustasi yang mendera karena khawatir akan keselamatan putranya, kalian dapat merasakan kegelisahan yang dialaminya hingga tanpa sadar, kita akan berempati padanya. Lambat laun, sebuah hubungan emosional antara pemain dengan sang protagonis bakal tercipta, dan hal tersebut justru semakin memperkuat ketegangan yang kalian alami selama memainkan game ini.

Screen The Park 08

Mungkin The Park bukanlah game horor yang bisa diterima oleh semua kalangan gamer karena yang tersaji adalah kengerian dalam nuansa yang cukup berbeda – lebih bersifat psychological horror. Tapi jika kalian bersedia membuka pikiran dan tidak takut untuk mencoba sesuatu yang baru, maka The Park bisa memberikan pengalaman bermain yang menegangkan lho.

Overall Score: 7/10

Publisher: Funcom
Developer: Funcom
Genre: Survival Horror
Release: Oktober 2015
Platform: PC

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.