Tips DotA 2

Tips DotA 2 untuk Pemula

445

image002

Tidak ada istilah telat untuk bermain game Dota 2. Meskipun bisa dibilang bukan lagi game baru, tapi Dota 2 merupakan game yang paling banyak diminati gamer sampai saat ini. Khusus untuk mereka yang baru “terjerumus” ke dalam permainan yang menantang ini, saya mempunyai sejumlah tips yang dapat membantumu untuk menjadi pemain yang baik dan benar.

Lesson 1: Be Patience

Ketika memulai sesi DotA 2 pertamamu, dapat dipastikan kalau gamer bakal mendengar banyak komentar sumbang dari rekan-rekan satu tim setelah melihat performa kalian. Tapi jangan biarkan semua itu menyurutkan semangatmu, toh mereka yang sekarang sudah jago pada awalnya juga pernah menjadi newbie. Jangan kalian gubris semua suara sumbang itu, dan hanya gunakan message untuk meminta bantuan atau memberikan informasi saja. Jika diperlukan, katakan kepada rekan-rekan satu tim kalau kalian masih newbie dan mereka pasti akan mengerti. Dan ada baiknya jika kalian berlatih melawan Bot terlebih dahulu untuk mempelajari gameplay DotA 2, sebelum terjun ke dalam pertarungan sesungguhnya secara online.

Lesson 2: Learn How to Kill the Creeps

image004

Para pemain yang masih newbie biasanya membiarkan Hero-mu untuk menyerang Creep secara otomatis, tapi jika ingin menjadi pemain yang handal maka kalian harus belajar untuk melakukan last hit – menunggu sampai health mereka kritis kemudian serangan penghabisan. Hal ini dapat memastikan bahwa jagoanmu lah yang mendapatkan EXP dan bukan pasukanmu sendiri, sehingga kita dapat meningkatkan level Hero dengan cepat. Tidak hanya itu, kalian juga harus belajar untuk membiasakan diri untuk menghabisi Creep milikmu jika health mereka kritis, di mana hal tersebut bakal mencegah lawan mendapatkan EXP. Oh, satu lagi: jangan ngotot dalam menyerang Creep, terutama saat jagoanmu berada dekat dengan Tower lawan!!

Lesson 3: Buying the Right Boots

Boots of Travel menjadi salah satu item penting, tapi bukan berarti kalian harus segera membelinya di awal permainan – inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh para newbie. Fokus utamamu harus diberikan pada membeli stat-enhancing item macam Iron Branch, Gauntlet Of Strength, Circlet dan lain sebagainya. Tapi setelah mendapatkan 450 Gold, segera gunakan uangmu untuk membeli Boots of Travel karena selain menambah movement speed, kita bisa merubahnya menjadi item lain yang sesuai dengan karakteristik Hero-mu. Oh, kalian tidak perlu kembali ke base untuk membelinya karena item ini juga dijual di Side Lane Shop, bersama dengan sejumlah item lain untuk meng-upgrade sepatumu – kecuali untuk Tranquil Boots dan Boots of Travel.

Lesson 4: Always Have Some TP Scroll

image005

Setelah melewati 15 menit pertama, Town Portal Scroll alias TP Scroll menjadi item yang wajib kalian miliki – lebih baik lagi jika kita mendapatkan Boots of Travel – karena mampu memberikan 2 keuntungan besar. Pertama, dengan TP Scroll maka kita dapat mencapai base dengan lebih cepat untuk mengisi health (tekan key untuk Teleport sebanyak 2 kali untuk berpindah ke base secara otomatis), atau menghindari kejaran Hero lawan. Kedua, dengan bantuan scoll ini kalian dapat mencapai lane lainnya dengan lebih cepat, utamanya untuk melakukan serangan dadakan terhadap Hero lawan. Harganya juga relatif murah dan dapat kalian beli dengan mudah, terutama jika kita sudah menguasai tips untuk menghabisi Creep.

Lesson 5: Play Your Part

Kini waktunya untuk meningkatkan kemampuanmu. Satu pelajaran penting yang harus kalian pelajari adalah: setiap Hero memiliki peranan tertentu – contohnya Carry, Disabler, Support, Ganker – disertai dengan cara memainkan yang berbeda-beda. Carry adalah jenis Hero yang lemah di awal permainan sehingga harus dimainkan dengan hati-hati, namun bisa menjadi jagoan tangguh di kemudian waktu. Hal itu tentunya dengan Support yang tugasnya adalah “mendukung” anggota tim lain supaya mereka dapat menghabisi Hero lawan atau keperluan lainnya, melalui beragam skill yang dimilikinya. Karena itu, mempelajari apa role yang dimiliki oleh jagoan pilihanmu menjadi salah satu faktor utama dalam memenangkan pertempuran.

Cara paling mudah untuk mengetahui peranan Hero-mu adalah melihat ikon kecil di sampingnya, meski dengan item yang sesuai kita dapat merubah role milik jagoanmu. Tapi ketahuilah bahwa anggota tim lainnya bakal berharap kalian menjalankan perananmu dengan baik; jika memilih menjadi Carry maka kalian diharapkan dapat mendominasi lawan setelah beberapa waktu lamanya, sementara dengan menjadi Support maka kalian ditugaskan untuk membeli Ward (Observer atau Sentry), Smoke of Deceit, Animal Courier, atau item lain yang dibutuhkan oleh anggota tim lainnya.

Lesson 6: Dominating Runes

image006

Di sepanjang permainan, kalian tentu sering melihat 2 buah power-up yang terdapat di dua tempat berbeda, bukan? Itulah yang dinamakan dengan Rune, dan menguasai pemakaiannya bisa memberikan keuntungan yang signifikans, contohnya Double Damage yang akan meningkatkan kekuatan serangan, Invisibility yang bisa membuat Hero-mu menghilang, dan lain sebagainya. Tiap Rune bakal respawn setiap 2 menit sekali sehingga memeriksa kedua tempat secara berkala (atau memasang Ward di dekatnya) menjadi hal penting yang harus kalian lakukan. Yang menarik, kalian bisa menyimpan Rune tadi ke dalam Bottle sehingga kita dapat memakainya di waktu tertentu, meski durasi penyimpanannya hanya selama 2 menit saja.

Lesson 7: Small Things That Matters

Percayakan kalian bahwa beberapa item, meski fungsinya terlihat remeh, ternyata mampu memberikan dampak besar dalam pertarungan? Salah satunya adalah Animal Courier yang memudahkan kalian untuk mendapatkan item dari base, maupun Ward, yang – jika ditempatkan di sejumlah posisi yang strategis – memungkinkan kalian untuk mengetahui situasi di beragam area blind spot. Dengan begitu maka kalian dapat mengurangi resiko di-gank oleh tim lawan atau mengetahui lokasi Hero yang tersembunyi. Jika salah satu Tower milikmu hancur, memasang Ward menjadi pilihan yang baik supaya kalian tetap mengetahui situasi di area tersebut.

Lesson 8: Distracting the Towers

image008

Tower, meski hanya menyerang satu target saja, bisa menjadi ancaman serius bagi Hero milikmu – terutama di awal-awal permainan. Namun ternyata ada satu metode unik yang dapat kalian lakukan untuk “mengalihkan perhatian” Tower, yakni dengan menekan Right Click pada Creep milik pasukanmu atau bahkan Hero temanmu yang berada di dekatmu!! Dengan melakukan hal ini maka Tower (dan bahkan Creep lawan) akan mengalihkan serangannya pada target baru tadi, sehingga kalian bisa menghancurkan Tower dengan lebih leluasa. Oh, sama dengan menghabisi Creep sendiri, kita juga bisa menghancurkan Tower milikmu yang memiliki health kritis agar tidak memberikan EXP bagi tim lawan.

Lesson 9: The Importance of Detection Items

image009

Mendeteksi lawan yang tersembunyi atau sebaliknya, bersembunyi dari pandangan lawan, memiliki pengaruh yang besar dalam memenangkan pertempuran. Karena itu, memiliki Smoke of Deceit (menghilangkan unit dari pandangan) atau Dust of Appearance (memunculkan unit yang tersembunyi) menjadi penting yang harus kalian lakukan. Kalian tentunya tidak mau membiarkan lawan dengan movement tinggi menghilang dari pandangan, sehingga mereka bisa menyerangmu dengan leluasa. Sebaliknya, dengan memakai Smoke maka Hero-mu dan rekan-rekanmu akan menghilang sehingga memudahkanmu untuk melakukan ganking tanpa diketahui oleh musuh – jika mereka tidak memiliki Sentry Ward atau Gem of True Sight tentunya.

Lesson 10: Fight Your Enemies on the Same Level

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para newbie adalah: menyerang Hero musuh yang berada di dataran lebih tinggi. Kenapa? Karena selain akurasi seranganmu berkurang sebesar 25%, adanya fog of war menyulitkan pemain untuk melihat keadaan secara lebih jelas – beda halnya dengan lawanmu. Jadi usahakan untuk selalu melawan musuh pada ketinggian yang sama, atau (jika keadaan cukup memaksa) hindari bertarung melawan musuh yang ada di tempat tinggi. Namun jika kalian memiliki uang yang cukup, membeli Monkey King Bar mampu melenyapkan masalah ini karena dengan item tersebut kalian bakal mendapatkan 100% hit chance di manapun kita menyerang lawan




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.