Tokyo Mirage Sessions ♯FE – An interesting crossover with unique themes

2013

Crossover menjadi salah satu metode yang cukup efektif untuk menarik perhatian kalangan gamer. Apalagi jika yang dipadukan adalah franchise yang memiliki reputasi besar dalam dunia gaming, di mana hal tersebut bisa menjadi jaminan bagi terciptanya sebuah permainan yang menarik. Dan hal itulah yang bisa kalian temukan dalam Tokyo Mirage Sessions #FE, versi US dari Genei Ibunroku #FE yang mempertemukan dua seri RPG populer yakni Shin Megami Tensei dan Fire Emblem ke dalam satu “wadah”, dan ternyata mampu menyajikan experience yang cukup menarik!! Dirilis secara eksklusif (setidaknya untuk saat ini) bagi Wii U, crossover nan unik ini pasti membuat pemilik gaming console lain – terutama fans genre RPG – iri!!

Screen Tokyo Mirage Session 01

Blending Two Different “Taste”
Pada dasarnya Tokyo Mirage Sessions (TMS) adalah game Shin Megami Tensei dengan “bumbu” Fire Emblem. Liat saja dari segi storyline, yang mengisahkan munculnya ancaman dari makhluk-makhluk kegelapan berjuluk Mirage yang berusaha menghisap Performa, creative energy yang dimiliki oleh manusia – utamanya para entertainer, dan siapapun yang terhisap akan hidup dalam keputusasaan. Di sini kalian bermain sebagai sejumlah karakter yang berjuang menghadapi mereka di balik samaran Fortuna Entertainment talent agency, dibantu oleh para Mirage baik hati yang tampilannya diambil berdasarkan sejumlah tokoh terkenal dalam seri Fire Emblem.

Bagi kalian yang mengikuti seri Shin Megami Tensei pasti sudah mengenal baik plot seperti ini: sejumlah karakter bekerjasama dengan para demon baik untuk mengalahkan demon jahat, plus kemampuan untuk merekrut beberapa di antaranya melalui battle. Namun dari segi gameplay, TMS mempunyai nuansa Fire Emblem yang sangat kental berkat kehadiran beragam fitur permainan yang selalu digunakan dalam seri tersebut seperti class system (yang dapat di-Master), weapon triangle system di mana satu jenis senjata unggul dan lemah jika berhadapan dengan jenis senjata tertentu, kemampuan untuk meng-upgrade senjata serta skill, dan masih banyak lagi.

Meski harus diakui bahwa adanya sejumlah kekurangan, di antaranya adalah loading time yang cukup lama, pihak developer berhasil memadukan kedua style dengan porsi yang pas sehingga membuat TMS tampil menarik.

Screen Tokyo Mirage Session 03

Satisfying RPG Elements
Seperti yang telah disebutkan, baik Shin Megami Tensei maupun Fire Emblem memiliki fitur permainan tersendiri yang kompleks sehingga jika keduanya dipadukan tentu gamer bakal menemui banyak hal yang harus dipelajari. Well, memang itulah yang bakal kalian alami ketika memainkan Tokyo Mirage Sessions di mana di samping mengatur beragam karakter dalam party member – mengatur class, senjata dan skill yang ingin digunakan dan lain sebagainya, Mirage yang dijadikan sebagai partner mereka pun menjadi hal penting yang wajib kita manage. Namun bagi mereka yang memang menyukai genre RPG, bisa dipastikan kalau semua itu justru menjadi tantangan tersendiri yang menarik untuk diselesaikan karena meski membutuhkan fokus yang besar, semua itu akan terbayar ketika melihat party member-mu mampu mengalahkan musuh yang tangguh sekalipun.

Yang menjadi fitur unggulan dalam TMS adalah kombinasi serangan yang ditampilkan dalam 2 skill berbeda yakni Session Attack dan Duo Arts. Untuk yang pertama, dengan mengeksploitasi kelemahan setiap musuh – hal lainnya yang juga tidak kalah menarik untuk dilakukan selama battle berlangsung – maka karakter lain dapat melancarkan serangan susulan. Agar skill tersebut bisa muncul maka kalian harus memperhatikan dengan baik magic spell serta tipe senjata yang menjadi kelemahan musuh, dan meski awalnya pasti sulit untuk dilakukan tapi seiring dengan berjalannya waktu kita bisa menghafal kelemahan setiap musuh yang ada dalam permainan. Melihat ketiga party member melancarkan serangan secara berurutan tentu memberikan kepuasan tersendiri!!

Screen Tokyo Mirage Session 10

Sementara fitur berikutnya yakni Duo Arts, yang terjadi secara random, memadukan dua karakter tertentu dalam sebuah serangan yang dahsyat dan mampu menghasilkan damage besar. Agak berbeda dengan Session Art, jurus ini hanya tersedia setelah kalian menjumpai event khusus ketika membereskan side-quest bagi setiap karakter dan bukan dipelajari. Karena tiap serangan memiliki animasi uniknya tersendiri maka kehadiran jurus “duet maut” ini bisa menjadi hiburan tersendiri; contohnya jurus Love for You milik Mamori dan Tiki yang super cute, Crazy Circus dari Touma dan Eleonora yang bisa membuat gamer tersenyum geli, hingga Last Rampage milik Touma dan Yashiro yang dahsyat.

Oh iya, seperti yang disebutkan sebelumnya, kita juga dapat mengatur Mirage yang menjadi partner-mu dan hal tersebut menjadi satu keasyikan tersendiri. Memiliki tampilan layaknya berbagai karakter dari seri Fire Emblem (meski terlihat lebih dark), peranan mereka dalam battle tidaklah kecil karena para Mirage ini akan berubah menjadi senjata plus menyediakan beragam skill untuk digunakan oleh partner-nya. Dan dengan meningkatkan class-nya via Master Seal maka gamer dapat memilih satu dari 2 class baru bagi Mirage-mu yang dibekali dengan skill tersendiri. Menyenangkan lho mengotak-atik fitur ini untuk menemukan kombinasi yang tepat untuk menciptakan party terkuat!!

Screen Tokyo Mirage Session 02

Like Watching Idol Performance
Satu hal yang mungkin mempunyai efek berbeda bagi setiap pemainnya adalah kentalnya kultur pop idol Jepang dalam Tokyo Mirage Sessions #FE. Lihat saja jalannya pertarungan dalam game yang hampir semuanya berlangsung di atas panggung layaknya sebuah pertunjukan, apalagi ditambah dengan beragam skill dan fitur-fitur lain seperti Concert dan kehadiran sejumlah lagu. Suasana yang dihadirkan tak jauh berbeda dengan, kita ambil contoh saja, menonton konser JKT48 tapi dengan lebih banyak action.

Di satu sisi, fans Shin Megami Tensei yang sering menemui tema permainan unik – lihat saja Persona 5 yang bertemakan pencuri – tentu menanggapi hal tersebut dengan santai. Namun hal berbeda tentu dirasakan oleh penggemar seri Fire Emblem yang biasanya hadir dengan nuansa lebih serius, yang merasa kalau penyertaan kultur pop idol dalam tema Tokyo Mirage Session membuat permainan jadi terlalu “ringan”. Walau begitu, tidak bisa dipungkiri kalau TMS jadi sebuah RPG yang menarik untuk dicoba.

Overall Score: 8/10

Publisher: Nintendo
Developer: Atlus
Genre: RPG
Release: Juni 2016
Platform: Wii U




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.