Uncharted: Fortune Hunter – Great visuals, hundreds of puzzles

1457

Waralaba Uncharted memang sudah sangat populer di kalangan para gamer. Salah satu yang paling menonjol dari franchise tersebut adalah betapa setiap game-nya dipenuhi berbagai macam aksi seru dalam berburu harta karun. Namun apa jadinya jika petualangan penuh unsur laga bersama Nathan Drake tersebut berubah menjadi permainan puzzle?

5

New Perspective to Control Mr. Drake
Mengikuti jejak para tokoh laga lain yaitu Lara croft dan Agent 47, Nathan Drake kini berpetualangan dalam sebuah dunia yang pergerakkannya “dibatasi” oleh sejumlah kotak. Layaknya Hitman GO dan juga Lara Croft GO, Uncharted: Fortune Hunter memberikan sebuah lingkungan grid-based yang dipenuhi dengan berbagai macam bahaya. Untuk Uncharted: Fortune Hunter sendiri setiap level memiliki misi utama yaitu berhasil mendapatkan sebuah harta karun. Berbeda dengan versi konsolnya yang biasanya menampilakan unsur cerita yang cukup dalam, game ini tidak memiliki cerita yang berarti. Intinya adalah kamu adalah Nathan Drake yang harus mengumpulkan harta karun. Udah gitu aja.

Setiap kali berhasil menyelesaikan satu level, kalian akan dihadiahi sejumlah uang, orb dan juga sebuah kunci harta. Namun khusus untuk kunci harta, gamer harus bisa menyelesaikan level dalam jumlah moves yang telah ditentukan. Namun jujur saja untuk sistem move ini bisa dibilang sedikit berbeda. Sebagai contoh pada satu level kamu bisa mendapatkan kunci dengan berhasil menyelesaikan misi dengan tiga move. Secara logika mungkin gamer bakal menafsirkan satu grid untuk satu move, tapi tidak untuk game ini. Untuk bergerak kamu melakukan drag pada arah yang kamu tuju dan melepaskan jarimu akan membuat Nathan bergerak ke arah tersebut. Nah! Tiap jalur yang “digambar” ini, entah itu melewati satu kotak atau enam kotak gerakan tersebut dihitung satu move.

Meski terdengar menguntungkan, ternyata sistem move yang unik ini memiliki kekurangan terutama jika kamu berada dalam satu level dengan mesin penembak di dalamnya. Mesin penembak ini akan menembakan peluru searah jarum jam dan sesuai dengan tiap kotak yang Nate lewati. Misalnya saat kalian telah menggambar jalur pergerakan dan menggerakkan Nate, pada satu titik tembakan dan Nate berada dalam satu garis lurus. Hal ini tentu saja membuat Nate tewas tertembak dan kamu harus mengulang permainan dari awal level itu. Jadi membaca pergerakan dari mesin itu dan juga membaca

4

So Much Puzzle to Solve
Sebagai game puzzle, tentu saja ada berbagai variasi teka-teki yang harus dipecahkan oleh kalian. Pemecahan teka-teki ini berkaitan dengan cara kalian melewati berbagai macam rintangan dan juga berhasil mendapatkan harta di tiap level. Tak hanya itu saja, ada juga berbagai switch yang bisa digunakan oleh kalian. Tapi ada banyak cara untuk menggunakan tiap switch. Ada yang harus ditembak, ditekan, di berikan pemberat, dan banyak lagi. Selain itu kalian juga kamu tidak akan tahu efek apa yang dimiliki oleh masing-masing switch saat dipicu.

Tak hanya mengetahui kegunaan tiap switch, gamer juga harus berhadapan dengan sejumlah jebakan yang ada di tiap level, menggeser berbagai balok dan masih banyak lagi. Semuanya menjadi bagian dari ratusan puzzle yang harus kalian selesaikan dalam game ini. Dari segi variasi tentu saja hal ini sangat baik, di mana bisa dipastikan para pemainnnya bakal sibuk dalam waktu yang lama untuk menyelesaikan berbagai macam tantangan yang ada. Namun di sisi lain, terlalu bervariasi juga bakal membuat gamer merasa bingung atau bahkan kesal karena membuat sebuah level menjadi sangat sulit untuk diselesaikan. Alhasil mengulangi sebuah level tidak dapat dihindari hanya salah langkah atau mengejar penyelesaian yang sempurna demi sebuah kunci yang bisa dipakai untuk membuka satu peti harta.

2

The Verdict
Uncharted: Fortune Hunter merupakan sebuah game puzzle yang sangat menantang dengan variasi kesulitan yang hadir dalam tiap level. Tak hanya memaksamu untuk berpikir keras, gamer juga bakal dipaksa untuk mengulang permainan dengan segala kesulitan yang disematkan dalam tiap level. Hadir dengan kualitas grafis yang mumpuni, lingkungan dalam game ini terbilang cukup menarik. Namun alih-alih menghadirkan Nate dengan versi realistis, sang developer menampilkan versi kartun dari Nathan Drake. Secara garis besar, Uncharted: Fortune Hunter bukanlah sebuah game hebat dan sempurna, tapi bisa dipastikan bakal membuatmu sangat sibuk dalam waktu yang lama.

Overall Score: 8/10

Developer: PlayStation Mobile Inc
Publisher: PlayStation Mobile Inc
Genre: Puzzle
Platform: Android, iOS
Price: Free

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.