Until Dawn – Not just ordinary American teenage horror

1906

Saat pertama kali diumumkan, Until Dawn terasa seperti survival horror kebanyakan yang biasa saja. DIkatakan memiliki cerita ala horror remaja Hollywood kamu disuguhi cerita tentang kumpulan remaja yang berkumpul dalam satu kabin, penjahat yang mengintai, hutan lebat dengan misteri yang menyelubungi. Sangat mainstream! Namun segera setelah game ini rilis dan lalu mencicipinya… Wow! Ternyata game ini sangatlah bagus!! Tak hanya dari grafisnya yang memang oke banget tetapi juga cerita dan permainannya yang benar-benar seru. Jadi seperti a sih serunya bertahan hidup sambil mengumpulkan kepingan-kepingan misteri dalam Until Dawn?

Screen Until Dawn 01

Butterfly Effects
Game ini mengikuti cerita tentang 8 remaja yang berkumpul kembali dalam sebuah kabin pada sebuah pegunungan bersalju, setahun setelah menghilangnya dua teman mereka yang bernama Hannah dan Beth. Rencananya kedelapan remaja tersebut akan melangsungkan sebuah pesta yang sekaligus bertujuan untuk mengenang kembali hilangnya Hannah dan Beth. Dengan personaliti dari masing-masing karakter yang berbeda, terjadi sebuah pertengkaran yang membuat mereka harus saling terpisah satu dengan yang lain. Dan kita tahu apa yang akan terjadi pada kelompok yang saling terpisah dalam sebuah film horror bukan? Para remaja tersebut lalu terjebak dalam kejutan-kejutan mengerikan yang terjadi di hutan, mulai dari sosok bertopeng yang terus menguntit, sampai mahluk mengerikan yang haus darah.

Dalam game ini kamu bakal berperan sebagai ke 8 remaja tersebut secara bergantian. Siapapun yang kalian kendalikan, gamer harus melakukan ekplorasi sesering mungkin pada wilayah yang sedang ditapaki. Ada banyak collectible item yang bisa dikumpulkan di setiap area untuk sedikit demi sedikit mendapatkan informasi tentang apa yang terjadi setahun yang lalu atau apa yang sedang mengintai para remaja tersebut. Mulai dari potongan koran, foto-foto dengan noda darah sampai sejumlah totem. Uniknya jika kamu berhasil menemukan totem maka pemain bakal melihat potongan kejadian dari seorang karakter sesuai dengan jenis totemnya. Jika totemnya merupakan totem kematian, maka akan terlihat adegan singkat kematian salah satu karakter. Totem ini terbilang cukup membantu kalian dalam mengambil keputusan. Jadi misalnya saat memainkan karakter yang terlihat tewas terbakar dalam totem, maka kamu harus hati-hati saat menggunakan hal-hal yang berhubungan dengan api.

Screen Until Dawn 13

Tiap karakter memiliki karakteristik mereka masing-masing yang dapat berubah sesuai dengan keputusan diambil olehmu. Misalnya adalah karakter Samantha yang memiliki keberanian yang besar. Saat kamu dihadapkan pada situasi menegangkan dan harus memilih antara pilihan yang beresiko atau yang aman. Dengan terus memilih jalan yang aman maka keberanian Samantha akan menurun. Tak hanya itu saja, pilihan dialog yang kalian pilih saat berkomunikasi dengan karakter lain bakal mempengaruhi hubunganmu dengan karakter tersebut. Setiap karakter juga memiliki jalan ceritanya sendiri-sendiri dan berbagai pilihan yang kamu pilih sepanjang permainan akan mempengaruhi tak hanya jalan cerita karakter yang dimainkan, tetapi juga jalan cerita karakter lainnya. Hal ini harus membuatmu pintar-pintar memilih berbagai pilihan dialog ataupun aksi yang ada dalam game ini karena dapat menentukan apakah cerita game ini akan berakhir bahagia atau tragis.

Tak hanya itu saja yang bisa mengubah cerita. Nantinya di tiap chapter gamer bakal mengunjungi sebuah kantor psikiater yang misterius. Psikiater tersebut bakal “dipaksa” untuk memilih antara ular dan laba-laba, pisau dan jarum suntik, sampai hantu dan zombie. Semua hal yang kamu pilih bakal menentukan pengalam horror yang bakal kamu rasakan dalam permainan . Sebagai contoh saat kamu memilih pisau sebagai benda yang ditakuti maka karakter penyerang dalam game ini akan menggunakan pisau saat melakukan penyerangan dan masih banyak lagi. Dan ingatlah, sekali kamu telah mengambil keputusan maka tak akan ada jalan untuk kembali.

Screen Until Dawn 10

Up and Down Emotions
Yang paling menarik dari game ini adalah bagaimana sang developer berhasil membuat para pemainnya ketakutan dalam menebak apa yang sebenarnya menjadi lawan karena hal itu tidak akan muncul sebelum permainan benar-benar berakhir. Tak hanya itu saja, sang developer juga telah berhasil membangun berbagai emosi yang bakal dirasakan oleh para pemainnya. Kalian akan diajak untuk bersantai setelah adegan jumpscare dan saat kalian merasa permainan sedang tenang, secara tiba-tiba berbagai jumpscare pun muncul tanpa henti. Hal ini membuat para pemain akan merasa selalu ketakutan sepanjang permainan karena tidak bisa menebak apa yang akan muncul selanjutnya.

Tak hanya itu saja lonjakan emosi juga bakal menyerang para pemainnya saat memutuskan pilihan yang berdampak pada karakter yang sedang dimainkan. Misalnya saat menentukan antara menutup pintu atau ikut langsung lari saat penyerang datang. Apakah saat menutup pintu penyerang itu berhasil membunuh karakter atau malah bakal memberikan waktu bagimu untuk berlari? Semakin menegangkan saat kalian hanya diberi waktu yang singkat untuk memutuskan pilihan tersebut dan akan sangat menyakitkan jika keputusanmu itu malah membuat karaktermu favoritmu yang harusnya aman malah mati dalam cara yang cukup tragis.

Screen Until Dawn 12

Verdict
Memiliki kualitas grafis yang menawan, semua hal dalam Until Dawn terlihat sangat indah dan mendetail. Mulai dari tekstur kayu yang sangat terlihat dalam kabin sampai berbagai ekpresi yang muncul dari para karakter terasa begitu mengaggumkan. Hal ini lalu didukung dengan akting dari para pengisi suara yang juga berperan dalam menghasilkan ekspresi-ekspresi wajah tiap karakter yang ada. Tidak tanggung-tanggung, para aktor dan aktris kenamaan Hollywood-lah yang memerankan tiap karakter dalam game ini. Nama-nama seperti Hayden Panettiere (Heroes), Brett Dalton (Agent S.H.I.E.L.D) sampai Rami Malek (Night at The Museum) secara maksimal memberikan akting mereka dalam game ini.

Until Dawn merupakan sebuah survival horror game yang walaupun memiliki cerita yang cukup pasaran di dunia film horror remaja, namun bisa dipastikan game ini bakal tetap membuatmu ketakutan di sepanjang permainan. Berbagai variasi jalan cerita untuk masing-masing karakter sampai variasi ending yang ada dalam game ini, membuat para pemainnya akan terus memainkan game ini hanya untuk mengetahui semua jalan cerita beserta ending-nya tersebut. It’s highly recommended especially for horror lover!!

Overall Score: 8/10

Publisher: Sony Computer Entertainment
Developer: Supermassive Games
Genre: Survival Horror, Adventure
Release: Agustus 2015
Platform: PlayStation 4




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.