USB Killer Hancurkan Komputer Kampus Senilai $58K Lebih

357

Beberapa waktu lalu, College of St. Rose yang berada di Albany, New York, dihebohkan dengan terjadinya sebuah tindak kriminal. Vishwanath Akuthota, yang tercatat sebagai alumnus di kampus itu, melakukan perusakan terhadap sejumlah properti elektronik milik kampus. Dengan memakai USB Killer, ia menghancurkan puluhan komputer, monitor, dan beragam equipment lain. Tindakannya membuat pihak kampus mengalami kerugian hingga mencapai lebih dari $58.000 (sekitar Rp817 juta)!

Menurut keterangan dari US Department of Justice, Akuthota merekam aksinya menggunakan iPhone miliknya. Tidak hanya itu, setelah menghubungkan USB Killer pada sejumlah komputer, ia mengeluarkan komentar “It’s dead” serta “It’s gone. Boom.” Video yang direkamnya kini digunakan oleh FBI serta APD (Albany Police Department), sebagai barang bukti atas tindakan yang dilakukan tersangka. Akuthota dijadwalkan untuk menjalani sidang untuk menerima hukuman tanggal 12 Agustus 2019 nanti.

The College of Saint Rose campus on Thursday Sept. 8, 2016 in Albany, N.Y. (Michael P. Farrell/Times Union)

Hingga sekarang, tidak ada kejelasan mengenai motif di balik pengrusakan yang dilakukan oleh Vishwanath Akuthota, terhadap kampus tempatnya dulu belajar. Padahal, di tempat inilah pria kelahiran India tersebut, telah meraih gelar sarjana dalam jurusan bisnis.

Bahkan menurut situs Times Union, dikatakan kalau kini ia tengah menjalani studinya, di bidang sistem informasi komputer. Satu hal yang pasti, aksinya membuat Akuthota diancam hukuman penjara hingga 10 tahun, serta denda sebesar $250.000 (sekitar Rp3.5 milyar).

Sekedar info, USB Killer adalah perangkat yang bisa mengirimkan listrik bertegangan tinggi, pada perangkat tempatnya terhubung. Hal tersebut berpotensi besar menimbulkan kerusakan pada komponen hardware-nya. USB Killer didesain untuk mengetes komponen dari ancaman lonjakan arus listrik, serta pelepasan muatan listrik statis. Kini, perangkat yang bentuknya sama dengan USB drive biasa ini sudah diperjual-belikan dengan bebas di pasaran. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.