by Aseek Ching in
News

Hingga ini, masih banyak gamer yang memilih gaming console atau PC sebagai sarana untuk bermain game. Namun, kemajuan zaman sering menuntut seseorang untuk terus bergerak, dan hal tersebut tentu membawa pengaruh besar dalam masalah gaming. Untunglah, dewasa ini terdapat banyak produk yang menawarkan kemampuan untuk bermain game kapan pun juga di mana pun. Salah satunya adalah Steam Deck ciptaan Valve.

Valve mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan sebuah portable gaming console ala Switch, tetapi bisa memainkan game-game PC kapan saja dan di mana saja. Tepatnya, melalui konsol ini kalian dapat mengakses akun Steam milikmu dan memainkan semua game yang terdapat pada Steam Library.

Dilihat sekilas, Steam Deck tentu mengingatkan gamer pada Nintendo Switch (dalam Handheld Mode) buatan Nintendo. Namun, konsol buatan Valve ini memiliki specs yang lebih dahsyat. Dilengkapi dengan custom APU dari AMD, quad-core Zen 2 CPU serta delapan computing unit RDNA 2, menjadikan konsol itu mampu memainkan game-game kelas AAA tanpa mengalami kendala berarti. Deck juga dilengkapi dengan layar LCD berukuran 7 inci – ukurannya sama seperti model Switch teranyar dari Nintendo, yakni Nintendo Switch OLED Model.

Berbeda dari Switch, Deck memiliki delapan trigger button – empat di antaranya berada di bagian belakang konsol. Selain menggunakan dua analog stick serta d-pad untuk memainkan game, kalian juga bisa bermain memakai dua trackpad. Hal tersebut berguna untuk memberikan presisi yang maksimal selama bermain game, seperti yang ditawarkan oleh mouse pada PC biasa. Tidak hanya dimainkan seperti biasa, gamer dapat mengoneksikan Deck pad external display (seperti TV) melalu periferal dock.

Menurut info, Steam Deck dijadwalkan untuk rilis pada bulan Desember mendatang dengan banderol harga mulai dari $399. Tersedia tiga versi Deck yang dipersiapkan oleh Valve yakni 64 GB, 256 GB serta 512 GB, yang masing-masing menawarkan specs berbeda. Untuk sementara, konsol ini baru bisa dipesan di kawasan Amerika Serikat, Kanada, Uni Eropa, serta United Kingdom. [Aseek]

Share Post:

Related Posts

No Comments

Leave a Reply