Women Star League, Turnamen Esports Wanita Terpopuler 2020 & 2021
by Muhammad Ilham in
Esports News

Saat ini, esports bisa dikatakan sebagai industri olahraga yang sedang ‘naik daun’. Hampir setiap game memiliki turnamennya masing-masing dan hal tersebut membuat skena esports semakin melambung tinggi.

Selain variasi game yang banyak, yang menjadi daya tarik untuk dunia esports itu sendiri adalah tidak memiliki ‘tembok’ dalam hal gender dan umur. Semua orang bisa untuk menjadi seorang pro-player dan bermain di turnamen esports karena terdapat ‘wadah’ yang menaunginya.

baca juga:

Salah satunya adalah skena esports wanita. Jika dibandingkan oleh esports laki-laki, esports wanita tentunya belum bisa dikatakan ‘sama’ atau bahkan ‘mengungguli’ mereka lantaran secara angka, laki-laki lebih banyak tertarik dengan game dibandingkan wanita.

Namun, tidak bisa dipandang sebelah mata juga perihal dunia esports wanita. Saat ini, semakin banyak turnamen-turnamen yang dikhususkan untuk wanita, bahkan banyak juga liga esports untuk wanita.

Salah satu turnamen esports wanita terbesar saat ini adalah Women Star League (WSL). Turnamen yang menyelenggarakan pertandingan antartim wanita untuk Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) tersebut telah hadir sejak tahun 2020.

Mengapa bisa dikatakan terbesar? Berdasarkan data yang diambil dari escharts.com, WSL menjadi turnamen terbesar dinilai berdasarkan jam yang ditontonnya. Bahkan, sejak kemunculannya di tahun 2020, WSL Invitational langsung melambung jauh dan meninggalkan pesaing-pesaing turnamen lainnya seperti Dunia Games League 2020 Ladies di PUBG Mobile. WSL bahkan bisa meraih 67.000 viewers di puncaknya dan itu menjadi raihan terbaik dari seluruh turnamen esports wanita di tahun tersebut.

Most Popular Female Tournament (by Hours Watched) (2020)
Sumber: escharts.com

Popularitas WSL tidak berhenti hanya satu musim saja seperti one-season wonder, mereka bahkan tetap menjadi turnamen dengan jam tontonan paling besar di tahun 2021 (terhitung dari Januari hingga Juni). Event ini bahkan bisa menarik angka sebesar 2.1 juta jam tontonan dan 129.000 viewers dengan turnamen MLBB. Bahkan, tiga game besar seperti LoL, CS:GO, dan Dota 2 tidak bisa menyaingi turnamen MLBB yang dilangsungkan oleh WSL.

Most Popular Female Tournament (by Hours Watched) (Jan-June 2021)
Sumber: escharts.com
Most Popular Female Tournament (by Peak Viewers) (Jan-June 2021)
Sumber: escharts.com

Hal tersebut tentunya menjadi bukti bahwa WSL menjadi turnamen esports wanita terbaik dan terbesar di Indonesia. Bahkan, jika melihat data di atas, WSL menjadi turnamen esports wanita dengan viewers dan jam tontonan terbesar di dunia.

Berdasarkan data, WSL tentunya bisa dipastikan sebagai turnamen esports wanita terbesar saat ini. Dengan tingginya antusias penonton terhadap turnamen esports wanita seperti WSL, diharapkan wadah dan skena turnamen esports wanita akan semakin berkembang.

Share Post:

Related Posts