Xbox Series X Bisa Mainkan Ribuan Game Dari Lini Console Xbox

263

Tampaknya, era kejayaan PlayStation 4 dan Xbox One akan segera berakhir dalam waktu dekat ini. Pasalnya, Sony dan Microsoft telah memberikan banyak info mengenai kemunculan generasi penerusnya yakni PlayStation 5 dan Xbox Series X. Sejumlah developer pun telah menyiapkan beragam judul game yang bisa dimainkan saat kedua gaming console diluncurkan ke pasaran. Tapi selain itu, console teranyar Microsoft dikatakan bisa memainkan game dari ketiga console sebelumnya!

Kabar tersebut dibeberkan oleh Jason Ronald selaku director of program management bagi Xbox Series X, dan disampaikan melalui Xbox Wire. Ronald menyatakan bahwa setelah dirilis, console generasi baru Microsoft tersebut memiliki backward compatibility dengan Xbox, Xbox 360 dan Xbox One. Nantinya, ribuan judul dari ketiga gaming console bisa langsung dimainkan “tanpa memerlukan boost mode, atau downclocking.”

Ronald menambahkan bahwa semua judul dari ketiga console akan berjalan dalam performa terbaiknya, bahkan lebih tinggi, pada Series X. Tidak hanya memiliki kualitas grafis yang lebih baik, jalannya permainan juga terasa lebih lancar berkat frame rate yang lebih stabil. Bahkan, lewat high-dynamic-range imaging reconstruction technique yang dimiliki Series X, secara otomatis game-game tersebut akan mendapatkan HDR support!

Hal ini tentu menjadi kabar gembira untuk gamer, karena mereka bisa memainkan berbagai game lawas yang dimiliki selain judul-judul baru. Apalagi, PlayStation 5 selaku pesaing Xbox Series X hanya menghadirkan backward compatibility dengan game-game dari PS4 saja.

Menurut infonya, Series X disebutkan dapat menjalankan judul-judul lawas baik dalam bentuk CD maupun digital. Sayang, tidak dijelaskan apakah ke depannya, jumlah permainan yang didukung oleh fitur backward compatibility akan bertambah atau tidak.

Baik PlayStation 5 maupun Xbox Series X dijadwalkan untuk diluncurkan ke pasaran pada kuartal keempat tahun 2020. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.