Yakuza: Like a Dragon – Mengurus Perusahaanmu Sendiri

140

Tidak hanya via bertarung, Yakuza: Like a Dragon juga menugaskan pemain untuk menjalani survival dalam bentuk berbeda. Sebelumnya, kalian diajak untuk mengenal beragam aktivitas unik, yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang di awal-awal permainan. Kini, Kasuga Ichiban selaku protagonis utama harus menjalani perjuangan lain, yakni mengelola perusahaan dengan segala permasalahannya.

Pada satu poin dalam permainan, Kasuga bertemu dengan seorang wanita bernama Eri Katamaki, pemilik sebuah perusahaan bernama “Ichiban Seika.” Sayang, bisnis yang dijalaninya tidak berjalan dengan baik sehingga berada di ambang bangkrut. Eri pun berniat menutup bisnisnya, tetapi Kasuga memutuskan untuk menolong Ichiban Seika mencapai kejayaan.

COMPANY MANAGEMENT

Yakuza: Like a Dragon menghadirkan fitur permainan baru bernama Company Management. Sebagai pimpinan baru Ichiban Seika, Kasuga memiliki banyak tugas yang harus dilakukan. Dari mengelola properti dan karyawan, menggalang dana, hingga menjalani kegiatan bisnis untuk mengembangkan perusahaan. Penjualan sangat bergantung pada potensi properti serta karyawan yang terlibat, sehingga pengaturan dalam bisnis yang tepat menjadi hal penting.

Selama dalam permainan, ada banyak properti bisnis yang bisa gamer dapatkan. Untuk itu, kalian harus meneliti kondisi karyawan dan modal yang dimiliki, agar dapat melakukan pembelian properti yang sesuai. Selain itu, pilihlah karyawan berpotensi untuk mengurus bisnismu. Mengurus karyawan yang dimaksud dengan baik menjadi kunci utama untuk mencapai kesuksesan.

SHAREHOLDER MEETING

Selama menjalankan bisnis, pemain bakal berhadapan dengan para pemodal dalam sebuah rapat, yang digelar dalam waktu-waktu tertentu. Berbentuk seperti debat biasa, pemain harus bisa memberikan jawaban yang meyakinkan kepada para penanam modal yang merasa kurang puas. Tujuan utamamu adalah mendapat persetujuan dari mereka, minimal hingga 50% atau lebih, agar berhasil memenangkan meeting.

Penanam modal biasanya bakal menyuarakan kekurangpuasannya (lewat balon kata) pada tiga kategori utama, yakni karyawan, properti, serta pendapatan. Dan tugasmu adalah meng-counter “serangan” mereka, dengan memakai tiga staf yang masing-masing menangani kategori tertentu. Lewat jawaban yang benar, gamer bisa menghancurkan balon kata mereka, memungkinkan kalian untuk mengurangi health pemodal.

Jika sudah habis, investor tidak akan bertanya lagi sehingga rapat berjalan lebih mulus. Jadi, mengatur pemakaian resource selama rapat berlangsung, merupakan hal yang wajib kalian perhatikan. Selain itu, gauge milik Kasuga bakal terisi selama shareholder meeting berlangsung – jika sudah penuh, ia bisa mengaktifkan Apology Kiwami. Dengan skill tersebut, kita bisa memenangkan hati para investor.

AFTER THE MEETING

Setelah menyelesaikan meeting, kalian akan menerima reward sesuai performa yang dijalankan. Selain menjalankan bisnis dengan baik, mendominasi jalannya rapat jadi salah satu cara untuk mempertebal dompetmu. Perlu diperhatikan bahwa ada terdapat sejumlah sumber keuangan yang tidak bisa diklaim oleh pemain. Contohnya dana hasil produksi, serta uang yang dihasilkan lewat penggalangan dana.

Juga dikenal sebagai Ryu ga Gotoku 7: Hikari to Yami no Yukue, game tersebut bakal tersedia di PlayStation 4. Yakuza: Like a Dragon dijadwalkan untuk rilis di Jepang pada tanggal 16 Januari 2020. Selain akan hadir di tahun yang sama, belum ada info mengenai tanggal peluncuran resmi untuk kawasan Amerika dan Eropa. [Aseek]

Source




One thought on “Yakuza: Like a Dragon – Mengurus Perusahaanmu Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.